Sebanyak 400 peserta mengikuti jambore kader Posyandu Hulu Sungai Selatan (HSS) 2023, para peserta merupakan para kader posyandu dari seluruh kecamatan dan desa di HSS.

"Jambore Kader Posyandu 2023 sebagai salah satu upaya meningkatkan kinerja kader posyandu, sebagai garda terdepan di wilayah masing-masing dalam era transformasi layanan primer," kata Kepala Dinas Kesehatan HSS Hj Rasyidah selaku Ketua Panitia Pelaksana, di halaman Stadion 2 Desember, Kandangan, Rabu.

Dijelaskan dia, selain menjalin silaturahmi dan memberikan motivasi, kegiatan ini diadakan untuk meningkatkan kemampuan kader melakukan pelayanan masyarakat, dan mampu membantu petugas kesehatan dalam memberikan layanan kesehatan dasar di posyandu.

Baca juga: Dinkes HSS: Kabut asap karhutla tingkatkan kasus ISPA

Jambore juga salah satu bentuk penghargaan serta sarana meningkatkan keterampilan, wawasan, dan pengetahuan untuk kader dalam menyelenggarakan tugasnya di dalam posyandu masing-masing.

Penjabat (Pj) Bupati HSS H Hermansyah, mengatakan bahwa Jambore menjadi salah satu upaya agar para kader mendapat berbagai ilmu dasar dalam penyelenggaraan posyandu, serta pengembangan kompetensi kader sebagai bentuk kecakapan kader dalam melaksanakan posyandu.

“Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para peserta jambore dan semua pihak yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, semoga kerja kerasnya menjadi bagian dari perjuangan menguatkan, dan memajukan posyandu di Kabupaten HSS,” ujarnya.

Baca juga: HSS raih apresiasi dana insentif penurunan stunting Rp6.3 miliar lebih

Pembukaan Jambore Kader Posyandu 2023 dilakukan Pj Bupati HSS dan dihadiri oleh Pj Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Rusnawati Hermansyah, para pejabat terkait, ketua TP PKK kecamatan se-HSS, para kepala puskesmas, dan kader PKK.

Rangkaian kegiatan pembukaan ini ditandai pelepasan balon oleh Pj Bupati dan Pj Ketua TP PKK HSS, balon yang melayang tinggi melambangkan harapan untuk terus meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023