Hujan deras terjadi di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan sejak pukul pukul 14.30 WITA hingga pukul 17.30 masih terjadi seperti terpantau di Kelurahan Antasan Kecil Timur, Banjarmasin Utara, Minggu.
 
"Alhamdulillah, akhirnya hujan turun cukup deras," ujar salah seorang warga Samsuri, warga Antasan Kecil Timur di Banjarmasin, Minggu.
 
Menurut dia, hujan cukup lama tidak mengguyur Kota Banjarmasin, hingga kabut asap cukup tebal akibat kebakaran hutan dan lahan pada musim kemarau ini.
 
"Moga berkah hujan ini bisa mengatasi kekeringan, kabut asap dan kebakaran hutan dan lahan," ujarnya.
 
Dari rilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada 8 Oktober 2023 pukul 17:00 WITA masih berpotensi terjadi Hujan Sedang-Lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang diantaranya di Kota Banjarmasin.
 
Selain Kota Banjarmasin, BMKG juga memprediksi hujan terjadi di wilayah Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten Tapin, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kabupaten Balangan, Kabupaten Tabalong dan Kota Banjarbaru.
 
BMKG memperkirakan hujan terjadi di wilayah Kalsel tersebut hingga pukul 18.30 WITA.
 
Sebagaimana diketahui, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan upaya Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk membuat hujan buatan sejak 6--8 Oktober 2023 di wilayah Provinsi Kalsel.
 
Hal ini dilakukan karena mulai meningkatnya titik api di sejumlah wilayah di provinsi tersebut, hingga menimbulkan musibah kabut asap yang begitu tebal dan mengancam keselamatan masyarakat.

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023