Tim tuan rumah PSM Makassar digilas wakil Malaysia, Sabah FC dengan skor 0-5 pada laga kedua fase Grup H Piala AFC 2023/2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, Bali, Kamis malam.


Wakil Malaysia Sabah FC tampil menyerang sejak wasit asal Korea Selatan, Kim Daeyong meniup pluit awal dimulainya babak pertama.

Tim asuhan pelatih Ong Kim Swee itu menguasai bola dan menciptakan beberapa kali peluang gol.

Skuad dengan seragam putih biru itu langsung tancap gas hingga bola bersarang di gawang PSM Makassar melalui sundulan Darren Lok yang memanfaatkan umpan dari rekannya, Ko Kwang Min yang membuat Sabah FC unggul sementara 1-0 pada menit ke-6.

Sementara itu, PSM tak mau kalah dengan bertahap membangun serangan kepada tim lawan.

Skuad tuan rumah berupaya membalas, namun peluang gol gagal tercipta di antaranya oleh Dzaky Asraf yang gesit memainkan bola namun tembakan meleset dan sundulan Yuran Fernandes yang belum kuat menghunjam gawang lawan.

Begitu juga tembakan langsung Muhammad Rizky Pratama yang melambung di atas gawang lawan.

Di tengah membangun serangan itu, tim Sabah FC kembali mencetak gol kedua melalui sundulan Gabriel Schmegel yang memanfaatkan kemelut di depan gawang tuan rumah pada menit ke-36.

Hingga kedua kubu turun minum, tim tamu dengan julukan Sang Badak itu unggul sementara 2-0.

Baca juga: Sabah FC antisipasi kebangkitan PSM Makassar
Baca juga: PSM Makassar waspadai pergerakan gesit wakil Malaysia di Piala AFC

Selanjutnya: babak kedua

Pesepak bola PSM Makassar Erwin Gutawa (kiri) berebut bola dengan pesepak bola tim asal Malaysia Sabah FC Ramon Machado (kanan) saat pertandingan Grup H Piala AFC 2023/2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (5/10/2023). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/Spt. (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)

Sementara itu ketika babak kedua baru dimulai, Sabah FC kembali mencetak gol melalui tendangan Darren Lok pada menit ke-46.

Pemain bernomor punggung 28 itu mendapatkan gol dari Saddil Ramdani yang membuat Sabah FC makin tak terkejar dengan skor 3-0.

Gol terjadi sesaat setelah skuad Juku Eja menarik tiga pemainnya sekaligus yakni Muhammad Rizky Pratama, Arfan dan Adilson Gancho digantikan oleh Joao da Silva, Kenzo Nambu, dan Everton Nascimento.

Kejutan kembali dibuat PSM Makassar karena kiper Muhammad Reza Pratama terpaksa harus keluar lapangan karena diganjar kartu merah setelah melakukan pelanggaran kepada pemain lawan yang nyaris mencetak gol.

Posisi kiper PSM digantikan oleh Muhammad Ardiansyah dengan kondisi 10 orang pemain sejak menit ke-56.

Tanpa ampun, tim tamu yang bermarkas di Kota Kinabalu itu kembali mencetak gol ke-4 melalui tendangan bebas Stuart Wilkin pada menit ke-72.

Gol kelima kembali dicetak Sabah FC oleh Farhan Roslan pada menit pertambahan waktu 90+4 menit.

Hingga babak kedua berakhir, Sabah FC menang 5-0 tanpa balas dari PSM Makassar.

Dengan hasil kemenangan Sabah FC itu, wakil Negeri Jiran tersebut berada di posisi puncak klasemen sementara Grup H Piala AFC 2023/2024 dengan enam poin.

Di posisi kedua dihuni Hai Phong dari Vietnam, kemudian ketiga Hougang dan PSM Makassar menghuni posisi buncit klasemen sementara dengan nol poin.

Susunan pemain

PSM Makassar:
 Yuran Fernandes, Erwin Gutawa, Ananda Raehan, Donald Bissa, Dzaky Asraf, Adilson Gancho, Muhammad Rizky, Safrudin Tahar, Muhammad Reza Pratama, Akbar Tanjung, Arfan.

Pelatih Kepala: Bernardo Tavares

Sabah FC: Gabriel Schmegel, Daniel Ting, Park Taesu, Miguel Angel Cifuentes, Ramon Machado, Stuart Wilkin, Ko Kwang Min, Darren Lok, Damien Lim, Dominic Tan, Saddik Ramdani.

Pelatih Kepala: Datuk Ong Kim Swee

Baca juga: PSM sebut tiga kali kalah beruntun karena perjalanan panjang dan wasit

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Junaydi Suswanto


 

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023