Ribuan warga antusias ikuti jalan santai dalam rangka  memperingati hari kesaktian Pancasila, yang dipusatkan di Desa Guntung Papuyu, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Senin.

Tercatat lebih dari Lima Ribu peserta, yang datang dari sejumlah desa di wilayah Kecamatan Gambut dan Kecamatan Beruntung Baru, mengikuti Kegiatan jalan santai yang di gagas Sandi Fitrian Noor, putra Gubernur Kalsel Sahbrin Noor atau Paman Birin.

Baca juga: Pemkab HSS gelar peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Di awali dengan pembacaan doa oleh Habib Ali Bin Abdullah Alaydrus, Kegiatan jalan sehat, secara resmi di buka langsung oleh Paman Birin.

Pada kegiatan itu, panitia menyiapkan total hadiah sebanyak 791 macam, dengan hadiah utama yaitu Umrah ke tanah suci Mekah dan Sapi.

Di lokasi jalan sehat itu, selain melakukan aksi borong jualan sejumlah pedagang, Paman Birin juga memberikan tambahan hadiah berupa uang tunai Rp10 Juta kepada 20 orang warga yang beruntung dan juga tambahan Satu ekor Sapi untuk mendukung acara Maulid Nabi Muhammad SAW, di wilayah tersebut.
 
Acara jalan santai memperingatai hari kesaktian Pancasila, yang dipusatkan di Desa Guntung Papuyu, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Senin (02/10/2023) (ANTARA/ Latif Thohir)

Saat berada di lokasi jalan sehat, Sandi Fitrian Noor  menyampaikan, kegiatan  jalan santai itu dimaksudkan untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila dan Hari Sumpah Pemuda  yang sekaligus juga untuk menggelorakan olahraga jalan kaki, serta sebagai ajang untuk mempererat silaturahmi antar warga.

Baca juga: Pj Bupati Tanah Laut: Peringatan Hari Kesaktian Pancasila sebagai sarana mendo'akan para pahlawan

"Jadi selain kita mengajak masyarakat untuk rajin berolahraga jalan, kegiatan diharapkan mampu memupuk persaudaraan atau silaturahmi," ujar Sandi.
 
Acara jalan santai memperingatai hari kesaktian Pancasila, yang dipusatkan di Desa Guntung Papuyu, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Senin (02/10/2023) (ANTARA/ Latif Thohir)

Sementara itu, Pembakal atau Kepala Desa Malintang, Hamidan Noor yang merangkap ketua panitia menambahkan, peserta jalan santai mencapai 5003 orang, jauh di atas jumlah yang diperkirakan sebelumnya.

“ Hal ini ujarnya, bukti warga di Kecamatan Gambut dan Beruntung Baru sangat antusias ikut berolahraga bersama,” kata Hamidan.
 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023