Bank Rakyat Indonesia (BRI) melalui Kantor BRI Unit Paringin, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan memberikan sebanyak 30 beasiswa pada program Desa BRIlian dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas.

“Alhamdulillah kami telah menyalurkan sebanyak 30 beasiswa kepada siswa yang berprestasi, yang diserahkan langsung oleh Branch Manager kami yaitu pak Bramastya Gadiansah dari Branch Office Amuntai,” kata Kepala Unit BRI Paringin Riswandi di Balangan, Rabu.
Para pelajar yang menerima beasiswa, Selasa (26/9/2023). ANTARA/ragil darmawan


Riswandi menuturkan di Kabupaten Balangan pihaknya memilih sebanyak dua desa pada program Desa BRIlian ini, yaitu Desa Dahai 15 beasiswa dan Balida 15 beasiswa.

Riswandi menyebutkan beasiswa tersebut merupakan bentuk apresiasi dan bentuk kepedulian, dari Bank Rakyat Indonesia kepada para pelajar yang berprestasi.

“Semoga dua desa yang telah dijadikan Desa BRIlian, dapat menjadi desa yang mandiri dan berkembang terutama dalam peningkatan sektor perekonomian dan pertanian,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Desa Balida Sahridin, mengungkapkan terima kasih kepada Bank Rakyat Indonesia yang telah menunjuk desanya sebagai objek dari bantuan beasiswa pendidikan bagi anak-anak yang berprestasi.

“Tentunya bantuan ini sangat bermanfaat bagi warga kami, karena selain bertepatan dengan anak-anak perlu biaya untuk sekolah serta sebagai motivasi anak-anak lain untuk lebih giat dalam belajar,” ungkap Sahridin.

Menurut Sahridin, sangat sulit sekali untuk mempertahankan status Desa BRIlian ini karena harus mempunyai trobosan atau inovasi baru yang bermanfaat bagi warga setempat.

Sahridin mengatakan saat ini mereka memiliki sebuah trobosan yaitu Pasar Budaya Racah Mampulang, semoga trobosan itu bisa lebih berkembang ke depannya yaitu dengan menambah pemberdayaan masyarakat lokal yang juga untuk memajukan ekonomi masyarakat.

“Semoga desa kami ini tidak hanya sebatas status saja Desa BRIlian saja, tetapi juga dapat menjalankan apa yang namanya Desa BRIlian itu,” katanya.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023