Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Hermansyah mengajak semua pihak untuk bersinergi dan berkolaborasi, saat membuka rapat koordinasi (rakor) dan evaluasi persiapan penilaian Adipura.

Ia mengatakan, untuk meraih Adipura diperlukan sinergi dan kolaborasi dengan semua pihak, termasuk titik-titik yang nanti dilakukan pemantauan oleh tim verifikator.

"Mudah-mudahan dengan sinergi yang sudah kita lakukan Adipura bisa kita raih," kata dalam sambutan rakor, di aula wakil bupati, Kandangan, Selasa.

Baca juga: 447 goweser ikuti Tour De Loksado

Dijelaskan dia, hal ini termasuk bagaimana agar masyarakat peduli akan lingkungan dan kebersihannya, karena kebersihan itu sebagian dari iman, serta membina kebiasaan masyarakat untuk mencintai lingkungan menjadi yang utama.

Sebelumnya, Kepala Dispera KPLH HSS Ronaldy Prana Putra, melaporkan di tahun ini HSS menyiapkan 38 titik pantau, yang diajukan kepada tim verifikator dari Kementerian KLHK.

"Setiap organisasi perangkat daerah termasuk kelompok swadaya masyarakat, serta kepala sekolah, dan instansi vertikal lainnya diharapkan dapat memberikan dukungan, dalam rangka koordinasi dan penanggung jawab untuk titik pantau di lapangan," paparnya.

Baca juga: Tim KemenPAN RB laksanakan validasi PEKPPP di Kabupaten HSS

Lebih lanjut, diterangkan dia menurut Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) saat ini HSS mempunyai nilai 75 persen, di mana untuk lolos pada tahap administrasi nilai Adipura untuk verifikasi lapangan minimal 70%.

"Dalam kata lain Kabupaten HSS telah menunjukkan peningkatan sebesar 1,2 persen, dibandingkan pada tahun sebelumnya," ungkapnya.

Ditambahkan dia, Adipura Kabupaten HSS telah diraih sebanyak empat kali, diharapkan tahun ini dapat menjadi lima kali, dan pihaknya yakin di bawah kepemimpinan Pj. Bupati HSS maka kembali akan bisa meraih Adipura.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023