Penjabat Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan Syamsir Rahman mengatakan, tidak ingin warga Tanah Laut meneteskan air mata karena kekurangan air bersih.

"Melalui pembagian air bersih dari Satuan Perangkat kerja Daerah (SKPD)  Pemerintah Kabupaten Tanah Laut dan Pemerintah Kalimantan Selatan dapat membantu ketersediaan air bersih yang benar-benar memerlukan," ujar Syamsir Rahman, selepas melepas rombongan mobil angkutan air bersih, di Pelaihari, Senin.

Baca juga: PMI Banjar bantu warga alami kekeringan dan kekurangan air bersih

Menurut dia, pembagian air bersih gratis tersebut di beberapa titik kepada warga seperti di  Kecamantan Takisung, Panyipatan dan Batu Ampar.

"Pembagian air bersih dari SKPD ini  menggunakan tandon dengan diangkut oleh 40 armada. Kita juga menghimbau kepada  perusahaan untuk membantu air bersih kepada warga," ungkapnya.

Saat ini, ungkap dia,  sumber air dan sumur mengalami kekeringan dan air bersih susah didapatkan, sehingga masyarakat sangat memerlukan air bersih.

"Jangan khawatir masyarakat, kami pemerintah daerah dan pemerintah provinsi akan menyalurkan air bersih,"ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengemukakan, pihaknya akan terus berupaya untuk membantu mendistribusikan air bersih kepada warga,  bukan hanya untuk jangka pendek saja tapi juga untuk jangka panjang.

"Pendistribusian air bersih ini kita  lakukan tiga hari sekali, bahkan sampai musim hujan datang," tegasnya.

Baca juga: Pemprov Kalsel salurkan bantuan air bersih kepedesan terdampak kemarau
 
Penjabat Bupati Tanah Laut Syamsir Rahman melepas rombongan mobil angkutan air bersih, di Pelaihari, Senin (25/9/2023).(ANTARA/HO-Diskominfo Tanah Laut).

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023