Banjarmasin, (AntaranewsKalsel) - Partai Kebangkitan Bangsa memastikan mengusung H. Bahrian Noor menjadi calon bupati (cabup) Barito Kuala, Kalimantan Selatan, pada pemilihan kepada daerah atau Pilkada setempat Februari 2017.

Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H. Hormansyah SAg SH mengemukakan itu menjawab wartawan di Banjarmasin, Senin.

"Kami dari DPW sudah memastikan H Bahrian untuk menjadi Cabup Barito Kuala (Batola) pada Pilkada mendatang. Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB juga sudah menyetujui," tuturnya.

Wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel V yang meliputi Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan dan Kabupaten Tabalong itu menerangkan, pada Pilkada Batola tersebut H. Barian berpasangan Suwandi.

Namun Haji Horman yang juga Ketua Fraksi PKB DPRD Kalsel belum menyebutkan partai politik (Parpol) yang akan menjadi koalisi untuk mengusung pasangan Bahrian dan Suwandi pada Pilkada di daerah persawahan pasang surut tersebut.

"Kami tidak memenuhi syarat mengusung sendiri, kecuali harus berkoalisi. Karena di DPRD Batola PKB hanya mendapat empat kursi, berdasarkan ketentuan minimal enam kursi," demikian Hormansyah.

Pada Pilkada di "Bumi Salidah" 2017 kemungkinan ada tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati, ketiga pasangan tersebut Hj Noormiliyani Aberani Sulaiman (Ketua DPRD Kalsel) dan Rahmadian Noor dengan parpol pengusung Partai Golkar.

Kemudian PKB mengusung pasangan. H Bahrian Noor dengan Suwandi serta pasangan H Edy Sukarma (mantan Bupati Batola) dan Fahrin Nizar yang masih mencari parpol pengusung.

Pilkada Batola masuk putaran kedua serentak seluruh Indonesia 2017 dan di Kalsel juga Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dengan cabup serta cawabup petanaha H. Abdul Wahid (Partai Golkar) dan H Khusairi Abdi (PPP).

Dari 13 kabupaten/kota di Kalsel ada tujuh masuk pilkada serentak putaran pertama atau bersamaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur pada 9 Desember 2014.

Tujuh kabupaten/kota di Kalsel yang sudah melaksanakan Pilkada yaitu Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Hulu Sungai Tengah, Balangan, Tanah Bumbu dan Kabupaten Kotabaru.

Sedangkan empat kabupaten masuk Pilkada serentak seluruh Indonesia putaran ketiga yang dijadwalkan 2019 yaitu Kabupaten Tabalong, Hulu Sungai Selatan, Tapin, dan Kabupaten Tanah Laut (Tala)./A

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016