Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry melakukan launching pelayanan bedah syaraf di RSUD Brigjend H. Hasan Basry (RSUD), Kandangan, langkah signifikan upaya dari RSUD dalam meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan di HSS.

"Alhamdulillah RSUD kita menambah satu lagi layanan untuk masyarakat, yaitu bedah syaraf dan dengan dokter spesialis bedah syaraf yang baru yakni dokter Musthafa Afif Wardhana," kata Fikry dalam keterangan, di Kandangan, Senin.

Pihaknya berharap dengan adanya dokter syaraf yang baru ini bisa memberikan layanan yang lebih cepat dan lebih baik kepada masyarakat, termasuk masyarakat dari luar.

Baca juga: Bupati HSS raih anugerah Pelopor RSUD Syariah

Dokter spesialis bedah syaraf Musthafa Afif Wardhana, menuturkan bahwa pelayanan yang diberikan spesifik untuk syaraf, terutama syaraf di kepala atau tulang belakang.

"Seperti kasus operasi emergency dan elektif atau terencana, yang umum ya bisa stroke, kemudian kasus kecelakaan baik itu di kepala maupun tulang belakang insyaallah bisa dikerjakan," ujarnya.

Kemudian kasus elektif seperti misalnya mulai dari bayi hidrosefalus ataupun misalnya kasus tumor di kepala, sampai tumor di tulang belakang.

Lebih lanjut dijelaskan dia, pelayanan bedah syaraf ini merupakan salah satu layanan yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan, dan hampir semua pasien yang masuk di cover BPJS.

"Tapi mungkin kalo kasus trauma harus mengurus Jasa Raharja terlebih dahulu, kemudian baru dicover dengan BPJS," ucapnya.

Baca juga: Dokter spesialis saraf siap layani pasien di RSUD Brigjend H Hasan Basry

Adapun pelayanan bedah syaraf ini mulai aktif pada hari ini dan sudah menangani hampir 10 pasien, bahkan ada pasien dari Tamiang Layang dan yang baru saja masuk dari Muara Uya Tabalong.

Adapun program pelayanan operasi bedah syaraf bertujuan untuk memberikan perawatan terbaik kepada pasien, yang membutuhkan perawatan bedah syaraf.

RSUD Kandangan telah dilengkapi dengan fasilitas medis yang cukup lengkap dan tim bedah berpengalaman, yang siap memberikan perawatan berkualitas.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023