Sebanyak 1.135 mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Banjarmasin (UMB) Kalimantan Selatan ditempa pengetahuan tentang kampus sejak 11--13 September 2023.
 
Kegiatan program pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru ini dipusatkan di Kampus Utama UMB di Jalan Gubernur Sarkawi, Handil Bakti, Barito Kuala, Kalsel.
 
"Ini kegiatan untuk memberikan pengalaman dan pengetahuan kepada mahasiswa baru sebagai proses adaptasi dalam suasana baru pendidikan," ujar Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan UMB Kalsel, Alfian Mauricefle dalam acara masa ta'aruf mahasiswa baru di Studio Adijani Al-Alabij Lt. 5 Kampus Utama UMB di Batola, Selasa.
 
Menurut dia, para mahasiswa baru mengikuti kegiatan ini berjenjang, dari tingkat universitas, masa ta'aruf hingga di fakultas.
 
"Jadi informasi kebutuhan mereka maupun kampus, selain tentang akademik, juga tentang beasiswa," ungkap Alfian.
 
Menurut dia, ada sebanyak 1.135 mahasiswa baru untuk 6 jurusan pada 20 program studi (Prodi) untuk tahun akademik 2023.
 
Dia pun memastikan, dalam program yang dulunya dikenal Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek) ini jauh berbeda dengan masa lalu, sekarang lebih humanis dan menyenangkan bagi mahasiswa baru.
 
"Karena semua kegiatan ini sudah ada pedomannya, diterbitkan oleh Kemendikbud ristek, jadi semua tidak ada lagi kegiatan yang bernuansa kekerasan apalagi tidak memanusiakan," tegasnya.
 
Kegiatan ini, kata Alfian, ingin menciptakan kesan yang indah dan membahagiakan bagi mahasiswa baru mengawali pendidikan di UMB.
 
Sehingga, lanjut dia, para mahasiswa dan mahasiswi UMB yang totalnya kini sekitar 3.000 mahasiswa bisa menjalani pendidikan dengan nyaman, meraih cita-cita dan menjadi kebanggaan kedua orang tua dan keluarganya juga bangsa ini.
 
Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksanaan Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru UMB, Dhea Nadilla menyampaikan, bahwa kegiatan ini bertema "Dari orang asing menjadi kawan membina persahabatan dan membangun tujuan ikatan berkemajuan".
 
Dia menyampaikan, pada kegiatan ta'aruf Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) UMB hari ini, para mahasiswa baru diberikan pengetahuan kampus juga pengetahuan lainnya yang dibalut seminar dengan narasumber dari luar.
 
Seperti diundang narasumber dari Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Barito Kuala terkait materi indeks pembangunan pemuda. 
 
Selanjutnya narasumber dari pimpinan cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Barito Kuala dengan materi tentang keorganisasian dan narasumber terakhir pimpinan umum kaderisasi IMM Barito Kuala dengan materi tentang IMM sendiri.
 
Dia pun menyampaikan, kegiatan ini tidak hanya di luar ruangan dengan materi pendidikan dan pengetahuan, namun juga dilaksanakan kegiatan yang menggembirakan di luar ruangan, yakni, digelar berbagai lomba.
 
"Jadi semuanya akan menyenangkan," demikian kata Dhea.
Seribu lebih mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Banjarmasin (UMB) Kalimantan Selatan mengikuti program pengenalan kehidupan kampus di kampus utama UMB di Handil Bakti, Barito Kuala, Selasa. (ANTARA/Sukarli)
 
 
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023