Amuntai, (Antaranews.Kalsel) -Sebanyak dua calon haji asal Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan terpaksa membatalkan keberangkatan haji ke tanah suci hanya berselang beberapa pasca penutupan manasik haji.


Ketua Tim pemberangkatan dan pemulangan Jama'ah haji daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Supomo di Amuntai, Senin mengatakan dua calon haji bernama Hersani dari Kecamatan Haur Gading dan Surnadi dari Kecamatan Sungai Pandan gagal berangkat setelah dinyatakan tidak sehat oleh tim dokter jamaah haji.

Hersani mengalami serangan stroke sedangkan Surnadi mengalami penyakit gagal ginjal menjelang pemberangkatan jama'ah calon haji sehingga praktis keduanya tidak bisa ikut dalam rombongan haji tahun ini.

"Seyogjanya jumlah calon haji yang diberangkatkan berjumlah 251 orang, namun dua orang gagal berangkat karena terserang stroke dan gagal ginjal," ujar Supomo.

Supomo mengatakan, keduanya terserang penyakit pasca penutupan manasik haji karena sebelumnya kondisi keduanya masih fit dan masuk dalam daftar jama'ah calon haji yang akan diberangkatkan tahun ini.

Ia mendo'akan calon haji yang gagal berangkat agar tetap tabah dan sembuh dari penyakitnya sehingga dapat menunaikan ibadah haji pada musim haji berikutnya.

Pada pemberangkatan Jama'ah calon haji di Mesjid Raya At Taqwa Amuntai, Supomo melaporkan rombongan jama'ah haji Kabupaten HSU tahun 2016 sebanyak 249 orang, terdiri dari 241 calon haji, 2 orang tim pemandu haji daerah, 1 petugas TPKI, 1 orang dari tim pembina haji Indonesia dan 3 petugas kesehatan.

"Dari 242 calon haji sebanyak 106 laki-laki dan 136 wanita dengan usia calon haji tertua berusia 79 tahun," terangnya.

Supomo menginformasikan, jama'ah calon haji HSU akan berangkat dalam dua kloter, masing-masing kloter 2  berjumlah 227 orang akan bergabung dengan jama'ah haji asal Kotamadya Banjarmasin berangkat ke tanah suci pada 10 Agustus dan kembali ke tanah air 18 September pukul 18.30 wita.

Sedang jama'ah haji HSU di kloter 9 berjumlah 15 orang akan digabungkan dengan jama'ah calon haji asal kabupaten Tabalong dan Banjarmasin yang berangkat ke tanah suci pada  17 Agustus dan kembali ke tanah air 25 September pukul 22.30 wita.

"Setelah tiba di Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru, jama'ah akan menginap satu malam di Asrama Haji sebelum kembali ke Kabupaten HSU," katanya.



Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016