Ketua DPRD Banjarbaru, Kalimantan Selatan Fadliansyah mendukung pelestarian seni dan budaya daerah yang dilakukan pemerintah kota melalui Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) di kota setempat .
 
"Kami mendukung pemkot dalam pelestarian budaya melalui PKD karena menampilkan berbagai seni dan budaya daerah yang tumbuh dan berkembang di Banjarbaru," ujarnya di Banjarbaru, Ahad.

Baca juga: Wali Kota Aditya ajak "orang Banjarbaru" jaga seni dan budaya daerah
 
Menurut Fadliansyah, masyarakat Banjarbaru dikenal heterogen yang dihuni beragam suku, agama dan budaya yang tumbuh dan semakin berkembang seiring perkembangan serta kemajuan jaman.
 
Ditekankan, meski pun heterogen tetapi masyarakat hidup rukun dan damai tanpa konflik maupun gejolak meski pun banyak komunitas dan paguyuban yang sudah lama tumbuh dan berkembang di kota itu.
 
"Oleh karena itu, kami nilai PKD yang difasilitasi oleh Pemkot Banjarbaru sangat tepat dalam melestarikan dan menyatukan seni dan budaya daerah yang tumbuh berkembang di Banjarbaru," ungkapnya.
 
Dikatakan Fadliansyah, PKD juga memberikan hiburan bagi seluruh masyarakat dan membawa dampak positif bagi pariwisata Banjarbaru karena banyak orang yang datang dan berkunjung ke Kota Idaman.
 
"Selama kegiatan, tentunya banyak masyarakat yang melihat sehingga terhibur disamping orang luar daerah yang datang dan berkunjung untuk menyaksikan beragam seni maupun budaya daerah," ucapnya.
 
Diketahui, Pemkot Banjarbaru gelar PKD yang diselenggarakan selama 9 hari sejak 9-17 September 2023 di Lapangan Dr Murdjani Banjarbaru menampilkan beragam seni maupun budaya yang ada di kota setempat.
 
"Event PKD merupakan upaya yang dilakukan Pemkot Banjarbaru untuk melestarikan seni dan budaya yang berkembang di masyarakat," ujar Wali Kota Muhammad Aditya Mufti Ariffin saat membuka event, Sabtu.
 
Disebutkan, sejumlah kesenian dan budaya daerah ditampilkan melalui 23 stand yang diberikan gratis dan diisi komunitas maupun paguyuban sehingga bisa menampilkan budaya masing-masing.

Baca juga: Bupati: festival budaya wadah yang bagus bagi masyarakat untuk berkreasi
 
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023