Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) masuk tiga besar nominator Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) kabupaten berprestasi 2023 di kawasan Kalimantan.

Pengumuman nominasi tersebut disampaikan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pengendalian inflasi 2023 di Istana Negara, Jakarta.

“Tadi diumumkan nominasi tiga kabupaten berprestasi wilayah Kalimantan, yakni Kabupaten Hulu Sungai Selatan Provinsi Kalimantan Selatan, Kabupaten Landak Kalimantan Barat, dan selanjutnya Kabupaten Kutai Barat Kalimantan Timur," kata Bupati HSS Achmad Fikry melalui keterangan tertulis Bagian Prokopim Setda HSS di Kandangan, Sabtu.

Baca juga: Bupati HSS terima penghargaan "Green Leadership Nirwasita Tantra"

Fikry mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Sekretaris Daerah (Sekda) dan jajaran TIPD Kabupaten HSS, yang selama ini telah bekerja keras menjlankan berbagai program, serta kegiatan sehingga inflasi dapat terkendali dengan stabil.

Dan sesuai dengan undangan Presiden Joko Widodo terdapat 19 kabupaten atau kota se-Indonesia yang menghadiri rakornas tersebut termasuk Pemerintah Kabupaten HSS.

"Dalam rakornas tersebut banyak arahan Presiden RI Joko Widodo, dalam upaya menekan inflasi agar mencapai angka di bawah tiga persen," ujarnya.

Baca juga: Pangan murah TPID HSS untuk tekan inflasi daerah

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo mengatakan melalui sinergitas dan kerja sama inflasi sangat terkendali pada angka 3,08 persen per Juli 2023.

“Angka yang telah dicapai tersebut sangat baik sekali, karena bisa mengendalikan harga barang dan jasa,” ujar Jokowi.

Rakornas mengangkat tema “Memperkuat Sinergi dan Inovasi untuk Stabilisasi Harga Menuju Ketahanan Pangan Nasional yang Berkelanjutan”.

Kegiatan digelar untuk penguatan sinergi dan inovasi pemerintah pusat dan daerah bersama Bank Indonesia terus dilakukan, guna menjaga stabilitas harga dalam tercapainya sasaran inflasi nasional.

Baca juga: Pasar murah HSS untuk tangani dampak inflasi

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023