Batulicin, (Antaranews Kalsel) – Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, membantu biaya pengobatan anak penderita Meningochele atau kelainan bawaan lahir berupa benjolan di kepala.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu H. Muhamad Damrah melalui Kepala Bidang Jaminan Sarana Kesehatan H. Rahman, di Batulicin mengatakan, penyakit tersebut merupakan penyakit cacat berat sehingga dalam penangannanya perlu dilakukan operasi.

"Saat ini kondisi anak tersebut sudah membaik setelah menjalani operasi di RSUD Ulin Banjarmasin," katanya.

 Ia mengatakan, untuk operasi sudah selesai. Namun pasien belum di izinkan untuk pulang ke Tanah Bumbu karena masih dalam masa perawatan pasca operasi.

"Kondisinya sehat dan mendapat pendampingan dari orang tuanya," katanya.

Ridwan penderita benjolan di kepala merupakan putera dari pasangan Gafur dan Khairiyah warga Desa Bersujud Kecamatan Simpang Empat dengan diagnose Meningochele.

Anak tersebut mendapat bantuan pelayanan kesehatan dari Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu yang mana Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor me;lakukan kunjungan.

Saat berkunjung kerumah anak penderita benjolan di kepala, Wabup H. Sudian Noor yang mengajak jajaran Dinas Kesehatan Tanah Bumbu pada saat itu menyerahkan bantuan dana kepada orang tua anak penderita benjolan di kepala.

Selain itu, Wabup juga mengintruksikan kepada Dinas Kesehatan Tanbu untuk segera merujuk anak tersebut  ke RSUD Ulin Banjarmasin untuk di layani pengobatannya hingga sembuh.

status anak  tersebut termasuk dalam peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) sehingga biaya pengobatannya di tanggung pemerintah.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016