Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Iakatan Bidan Indonesia (IBI) ke 65 yang di laksanakan di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, berlangsung dengan meriah.

Hampir  500 lebih Bidan se-Kalimantan Selatan mengikuti perayaan HUT IBI ke-65 yang bertemakan Penguatan Peran IBI Dalam Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Untuk Mendukung Pencapaian SDGs.

Adapun rangkaian acara untuk memeriahkan perayaan HUT IBI dengan tuan rumah Kabupaten Tanah Bumbu tersebut  di isi dengan kegiatan seminar sehari mengawal 1000 hari pertama kehidupan dalam mempersiapkan sumberdaya manusia yang berkualitas, bazaar produk kerajinan dan  pembagian door prize.

Selain itu, tamu undangan juga di hibur dengan penampilan penyanyi rock Arul Vocalis Band Power Metal yang terkenal dengan nada suaranya yang tinggi dan melengking.

HUT IBI ke 56 juga di hadiri oleh Ketua IBI Provinsi Kalimantan Selatan Tut Barkinah, Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming, Staf Ahli Bupati Tanbu Bidang Kesra dan SDM H. Fadliansyah Akbar, Kepala Dinas Kesehatan Tanbu H. Damrah, Direktur RSUD dr H. Andi Abdurrahman Noor drg Harry Darmawan, Kepala Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BKBP3A) Tanbu H. Basuni, Camat Simpang Empat M. Sairi, Kepala Bagian Humas Setda Tanbu Ardiansyah, S.Sos serta perwakilan dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kab. Tanah Bumbu.

Ketua IBI Tanbu Hj. Sulikah, SKM mengatakan dalam rangka memperingati HUT IBI ke 56, Kabupaten Tanah Bumbu terfokus untuk mengawal program pemerintah yakni 1000 hari pertama kehidupan dalam memeprsiapkan generasi Tanah Bumbu yang sehat, kuat, dan cerdas.

1000 hari kehidupan ini terus kami sosialisasikan dan sampaikan kepada semua orang di Tanah Bumbu hal ini agar semua sadar betapa pentingnya menjaga tumbuh kembang anak, sebutnya.

Dalam rangka menyambut HUT IBI ke 56, IBI Kab. Tanah Bumbu juga telah melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang terfokus pada bidang kesehatan seperti melaksanakan KB Implan Gratis, Senam Hamil secara massal, penyuluhan pengawalan 1000 hari pertama kehidupan kepada masyarakat dan organisasi wanita di Tanbu, dan lainnya.

Sementara itu, Ketua IBI Prov Kalsel  Tut Barkinah, S.SiT, MPd mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu yang sudah memberikan dukungan penuh dengan telah memfasilitasi kegiatan HUT IBI ke 56 sehingga berjalan dengan meriah dan lancar.

Pada kesempatan itu pula, IBI Kalsel berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan berkualitas. Mari kita memberikan pelayanan yang terbaiki dan berkualitas dan berkontribusi nyata kepada  pemerintah dalam hal mengurangi angka kematian bayi dan ibu hamil ujarnya.

Disisi lain, Ketua IBI Kalsel juga mengajak kepada Bidan untuk terus meningkatkan kemampuannya melalui pendidikan.

Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming menyambut baik kedatangan Bidan se-Kalsel di Tanah Bumbu. Diharapkan Mardani, kedatangan Bidan se Kalsel untuk melaksanakan HUT IBI ke 65 ini hendaknya memberikan manfaat untuk saling bertukar informasi di bidang kesehatan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Disisi lain, Mardani mengatakan pelayanan bidang kesehatan menjadi fokus perhatian pembangunan di Kabupaten Tanah Bumbu. Salah satunya dengan meluncurkan program pelayanan cesar gratis untuk ibu melahirkan.

Dengan adanya cesar gratis pada tahun pertama kepemimpinannya, sebut Mardani, angka kematian ibu dan bayi juga mengalami penurunan. Selain itu, peran Bidan dalam membantu proses persalinan juga memberikan kontribusi nyata menurunkan angka kematian ibu dan bayi di Tanah Bumbu.

Perayaan HUT IBI ke 65 di Kabupaten Tanah Bumbu berjalan lancar dan sukses dengan dukungan penuh dari Bupati Tanah Bumbu, Kapolres Tanah Bumbu, Dinas Kesehatan Tanah Bumbu, Dinas Kehutanan  dan PerkebunanTanah Bumbu, Bank Kalsel, Bank BRI, Klinik Zam-zam, Apotik Segar Waras, Apotik Segar Farma, Apotik Segar Sari Mulia, PT. Indofood TBK, QMER dan seluruh pihak yang mendukung terselenggaranya HUT IBI ke 65 se-Kalsel di Tanah Bumbu

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016