Kandangan, (Antaranews Kalsel) -  Badan Penanggulangan Bencana Kesatuan Bangsa dan Politik (PB Kesbangpol) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar Penyuluhan Pendidikan Bela Negara (PPBN) bagi pelajar SLTA se Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Acara dibuka  Wakil Bupati HSS H Ardiansyah di Pendopo Wakil Bupati diikutipelajar dari berbagai SLTA di HSS.

Panitia Pelaksa  H Murhan  menyatakan, acara PPBN tersebut  untuk mendorong dan menumbuhkembangkan sikap seluruh komponen masyarakat agar dapat memaknai lebih mendalam akan hak dan kewajiban sebagai warga negara.

Hal tersebut diwujudkan dengan menumbuhkan kembali semangat nasionalisme dan cinta kepada tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, yakin akan Pancasilasebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal bela negara.

Wakil Bupati HSS H Ardiansyah dalam kesempatan tersebut berpesan kepada seluruh peserta, agar dapat mengikuti kegiatan dengan sebaik-sebaiknya.

"Semoga para peserta dapat memperoleh informasi yang akurat tentang pendidikan pengetahuan bela negara sehingga nantinya menjadi pelopor dan penyebar informasi kepada seluruh masyarakat di Kabupaten HSS," harap Wabup.

Menurut dia, bela negara merupakan sikap dan perilaku bagaimana mencintai negara sesuai dengan pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara yang syarat-syaratnya diatur dalam Undang-undang.

Ditambahkannya, spektrum bela negara sangat luas, banyak peran yang bisa dilakukan untuk bela negara.

"Sebagai pelajar, banyak hal yang sangat sedehana untuk bela negara, misalnya taati peraturan lalu lintas, taat dan patuh kepada orang tua, serta para guru di sekolah," pesannya.

Wabup mencontohkan hal yang sederhana, jika semua pelajar pada saat yang bersamaan tidak menaati peraturan lalu lintas saat sedang berada di jalan raya, besar kemungkinan akan terjadi tawuran.

Ditambahkannya, bela negara bagi para pegawai yaitu dengan bekerja sesuai porsi dan tugas masing-masing,  selain itu, bertindak dan bersikap sesuai etika dan norma yang ada.

Turut hadir, Kepala Badan PB Kesbangpol Kabupaten HSS H M Yusuf Effendy, Kasat Binmas Polres HSS Iptu H M Yusuf, para guru Pendamping Siswa, dan  ratusan pelajar dari berbagai SLTA di Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016