Salah satu anak perusahaan atau unit bisnis dari Adaro Logistics PT Maritim Barito Perkasa (MBP) melakukan implementasi pilot project menciptakan kampung/RT binaan yang memiliki kepedulian dalam pengelolaan sampah.

Perusahaan yang bergerak dalam bidang layanan pengangkutan batu bara dari tambang adaro di wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan  Tengah terus berkomitmen mewujudkan Kampung Sadar Lingkungan melalui  Program Kampung Iklim Mantuil Bahimat yakni Barasih, Hijau dan manfaat.

CSR Superintendent Adaro Logistics Abi Thalhah mengatakan ingin  memberikan penyadaran kepada masyarakat pentingnya tata kelola lingkungan yang baik dalam menghadapi perubahan iklim global khususnya di Kota Banjarmasin.

"Pembinaan kampung sadar kelola lingkungan di Kelurahan Mantuil ini bentuk dukungan kami bagi program Baiman di Kota Banjarmasin," jelas Abi, Kamis.

Selanjutnya kegiatan dari Pilar Adaro Nyalakan Lestari ini dengan sasaran  Kampung Sadar Kelola Lingkungan di sekitar operasional  PT MBP berupa penanaman pohon.

PT MBP sendiri  berlokasi di Kelurahan Mantuil Banjarmasin sebagai pusat operasional layanan dan aktivitas perusahaan banyak berinteraksi secara langsung maupun tidak langsung dengan masyarakat sekitarnya.

Bagi Abi aktivitas tersebut tentunya memberikan dampak sosial bagi masyarakat sekitar karena itu pembinaan masyarakat yang ada di Kelurahan Mantuil menjadi salah satu tanggungjawab sosial perusahaan.

Sementara itu sebagai Duta Lingkungan Mantuil Muhammad Abdi menilai kegiatan penanaman pohon dalam Proklim Mantuil Bahimat  ini bagian dari edukasi kepada para pihak khususnya pelajar pentingnya memelihara lingkungan dengan membiasakan menanam pohon.
 
Kegiatan penanaman pohon yang diinisiasi PT Maritim Barito Perkasa di Kelurahan Mantuil Kota Banjarmasin untuk dukung program kampung iklim Bahimat. (ANTARA/HO-YABN)
"Kegiatan edukasi penanaman pohon ini sangat penting  karena penghijauan sangat bermanfaat bagi lingkungan khususnya dalam kondisi cuaca ekstrem sangat panas," ungkap Abdi.

Dengan menggandeng Dinas Lingkungan Hidup Kotamadya Banjarmasin, masyarakat Kelurahan Mantuil, alumni Green Leader, Bank Sampah Induk Baiman Banjarmasin penanaman 40 pohon berlokasi disepanjang jalan Kelurahan Mantuil.

Penanaman pohon di Gerbang Wisata Mantuil ini juga dihadiri perwakilan Dinas Lingkungan Hidup  Provinsi Kalsel, DLH Kota Banjarmasin, Kecamatan  Banjarmasin Selatan, pimpinan dan karyawan PT MBP.

Hadir pula Bhabinkamtibmas, Babinsa Mantuil, perwakilan  SMP Negeri 20 Banjarmasin,  RT, RW dan  Kelurahan Mantuil guna mendukung  upaya Pemko Banjarmasin  menata kota yang berwawasan lingkungan melalui program Kota Tanpa Kumuh.

 Camat Banjarmasin Selatan Firdaus pun sangat mengapresiasi kegiatan  penghijauan sebagai upaya menciptakan  lingkungan  yang nyaman dan asri.

"Pohon ini sangat bermanfaat untuk kita bersama selain  bisa mengurangi polusi udara juga  memberikan oksigen bagi lingkungan," ungkap Firdaus. 

Ia pun berharap kegiatan  ini menjadi  stimulan sehingga warga bisa termotivasi untuk turut memelihara lingkungan bersama.(Adv)

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023