Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Pemkab Tala) Kalimantan Selatan bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkpimda) menggelar prosesi upacara kehormatan dan renungan suci  di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bumi Tuntung Pandang Pelaihari.

Berdasarkan keterangan tertulis di Pelaihari, Kamis, menyebutkan naskah renungan suci sebagai tanda penghormatan jasa pahlawan dibacakan Komandan Distrik Militer (Dandim) 1009/TLa Letkol Inf Indar Irawan bertindak sebagai inspektur upacara.

Baca juga: Pemkab gelar renungan suci di TMP Bumi Tuntung Pandang Pelaihari

"Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga," ujar Letkol Inf Indar Irawan.

Indar mendoakan semoga arwah para pahlawan diterima Tuhan Yang Maha Esa dan di tempat yang sebaik-baiknya.

Kepada 38 pahlawan yang telah gugur, sambung dia, diberikan penghormatan atas jasa pengorbanannya yang ikhlas dan penuh kesucian. 

Para pahlawan yang dikenang jasanya tersebut, terang dia, merupakan 12 orang angkatan bersenjata dan 26 orang pejuang rakyat.

Baca juga: Pemkab gelar pawai obor dan malam renungan suci

Setelah pembacaan naskah, apel dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dan diakhiri dengan doa dipimpin oleh perwakilan dari Kantor Kementerian Agama Tala. 

Berjalan tidak sampai 30 menit, upacara ditutup dengan rangkaian penghormatan terakhir untuk para pahlawan.

Upacara kehormatan dan renungan suci dilaksanakan tersebut merupakan bagian dari memperingati Hari Kemerdekaan Ke-78 Republik Indonesia. 

Kegiatan tersebut  turut dihadiri Bupati Tanah Laut HM Sukamta didampingi Sekretaris Daerah Tanah Laut H Dahnial Kifli.

Baca juga: Ribuan pelajar ramaikan Karnaval Seni dan Budaya Tanah Laut 2023

Pewarta: Arianto

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023