Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H. Achmad Fikry didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil dan Perindustrian (Disnakerkop UKP) Hj. Siti Erma mengunjungi sekaligus memberikan pembinaan di Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) milik warga di Kecamatan Daha Utara.

Ada dua tempat UMKM yang dikunjungi di Kecamatan Daha Utara, yakni UMKM "Satu Kacang Hijau" Produksi Mama Syifa di Desa Tambak Bitin dan Kerupuk Tiga Putera Daha di Desa Baruh Kembang, Kecamatan Daha Utara.

Baca juga: Pemkab HSS terus dorong kemajuan pelaku UMKM daerah

"Kita dari pemerintah daerah akan terus mendukung dan mendorong para pelaku UMKM di HSS, agar bisa tumbuh dan berkembang dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat," kata Fikry dalam keterangan disela kunjungan, Rabu.

Selain itu, Ia juga menjelaskan, pemerintah daerah akan terus mengawal UMKM dengan memberikan pelatihan, pemasaran produk dan akan membantu dalam hal perizinan usaha.

Pemilik Kerupuk Tiga Putera Daha Jam'ah mengucapkan terima kasih karena selama ini banyak dibantu oleh pemerintah daerah, seperti bantuan peralatan hingga permodalan.

Baca juga: Pemkab HSS fasilitasi permodalan dan pemasaran produk UMKM

Sementara itu, Akhmadi dan Mulyadi, penerus Kerupuk Tiga Putera Daha, mengatakan selalu melakukan inovasi untuk jualannya, bukan hanya dijual secara offline tapi juga online, dan yang dijual bukan hanya kerupuk tapi makanan yang lain.

Mereka berharap supaya usaha UMKM tersebut semakin berkembang, tidak hanya di wilayah HSS tapi juga keluar wilayah. Dan agar para pelaku UMKM lainnya juga mau belajar, setiap ada pelatihan yang diselenggarakan, baik dari pihak kecamatan maupun kabupaten.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023