Kelurahan Guntung Manggis Kota Banjarbaru menjadi juara pertama lomba inovasi pelayanan desa/kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Selatan 2023.
 
Wali Kota Banjarbaru Muhammad Aditya Mufti Ariffin mengapresiasi pencapaian yang diraih Kelurahan Guntung Manggis pada lomba tersebut.
 
"Kami mengapresiasi prestasi yang dicapai dan semua bisa diraih berkat kerja keras seluruh jajaran Kelurahan Guntung Manggis," ujar Wali Kota Banjarbaru usai memperingati Hari Jadi ke-73 Provinsi Kalsel di Banjarmasin, Selasa.

Baca juga: Kelurahan Guntung Manggis terbaik 1 Kalsel target juara regional Kalimantan
 
Penyerahan piala dan piagam atas prestasi itu dilakukan di sela Hari Jadi Provinsi Kalsel ke-73 di Siring Nol Kilometer tepi Sungai Martapura Banjarmasin atau depan kantor lama Gubernur Kalsel.
 
Aditya mengharapkan prestasi yang diraih Kelurahan Guntung Manggis menjadi contoh dan pemacu bagi kelurahan lain untuk berinovasi dan berprestasi terutama memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.
 
"Kami berharap, kelurahan lain di Banjarbaru bisa berinovasi dan juga mampu berprestasi meraih yang terbaik. Intinya jalin hubungan baik antara kelurahan dan masyarakat hingga meraih yang terbaik," ujarnya.
 
Keberhasilan Kelurahan Guntung Manggis menjadi terbaik I pada lomba inovasi pelayanan desa/kelurahan tingkat Provinsi Kalsel berkat dukungan dan program unggulan digagas Wali Kota Muhammad Aditya Mufti Ariffin.
 
Program yang mengutamakan pelayanan publik guna memudahkan masyarakat dan memajukan wilayah yang berhasil dilakukan Kelurahan Guntung Manggis di antaranya "Jemput Bola" (Jebol).
 
Program itu berupa pendataan warga tidak mampu yang belum termasuk DTKS dan PKH dicarikan bantuan melalui kerja sama Yayasan Insan Berkah Mulia serta pendataan rumah tidak layak huni dibantu renovasi.

Baca juga: Penanganan Karhutla Bandara Syamsudin Noor Prioritas
 
Minggu Babarasih (Mibar) yakni program gotong-royong kebersihan lingkungan di tingkat RT. Sadar Pajak Dari Diri Sendiri (Sajari) peningkatan pendapatan pajak PBB dengan mencantumkan data lunas PBB.
 
Kemudian, konsultasi pelayanan melalui aplikasi yakni program konsultasi masyarakat kepada petugas pelayanan melalui pesan daring, seperti menanyakan syarat layanan pengaduan pelayanan.
 
Selanjutnya, Aplikasi Sistem Pelayanan Administrasi Kelurahan dan Kecamatan (SIAPKK) program aplikasi yang bisa diakses secara online untuk mengurus salah satu layanan yang ada di kelurahan.
 
"Kami berterima kasih kepada wali kota dan seluruh masyarakat yang telah mendukung berbagai program hingga berhasil meraih prestasi terbaik," ucap Lurah Guntung Manggis Zikru Rahman.
 
Dikatakan, program yang dijalankan di kelurahan seperti program RT mandiri untuk peningkatan ekonomi pasca COVID-19, homecare untuk lansia, pelayanan berbasis elektronik, serta pemberian pelatihan UMKM.
 
"Kami minta doa dan juga dukungan seluruh pihak khususnya masyarakat Kelurahan Guntung Manggis agar diberikan segala kemudahan dan kelancaran saat mengikuti lomba tingkat regional," ucap Zikru.
 
Diketahui, keberhasilan meraih predikat terbaik I itu membuat Kelurahan Guntung Manggis mewakili kelurahan di Provinsi Kalimantan Selatan mengikuti lomba desa/kelurahan di tingkat regional.

Baca juga: Wawali Banjarbaru minta pelayanan di kecamatan dan kelurahan dipermudah

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023