Batulicin, (Antaranews Kalsel) -Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Said Akhmad membuka secara langsung Manasik Haji bagi Jamaah calon haji Kabupaten Tanah Bumbu periode 2016. Kegiatan yang diselenggarakan di Masjid Agung Nurussalam Gunung Tinggi Batulicin diikuti 143 Jama"ah dari berbagai Kecamatan Kabupaten setempat.

Mengawali sambutan Bupati  Tanah Bumbu Mardani H Maming yang dibacakan melalui Sekda itu  berisi himbauan kepada para jamaah calon haji agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti manasik haji, karena menurutnya amal tanpa ilmu itu sebuah kesia sian’, ditambah lagi karena persoalan haji adalah ibadah yang sangat susah kesempatannya.

"Disini saya menghimbau agar para jamaah jangan menganggap enteng manasik ini dan  calon haji harus menanamkan sebuah prinsip atau berpandangan bahwa dirinya hanya sekali seumur hidup akan naik haji," katanya.

Pada kesempatan tersebut Said Akhmad juga menghimbau kepada petugas Haji Daerah agar memperhatikan keadaan rombongan jama'ah yang dipimpinya, terutama kelengkapan rombongan maupun kondisi kesehatannya.

"Jangan sampai ada Jamaah yang tesesat, untuk itu perhatikan tanda pengenalnya agar jangan lepas maupun tertinggal.  begitu juga  kalau ada jamaah yang sakit maka jamaah yang lainnya agar segera membantu untuk melaporkan kepada petugas kesehatan Haji Daerah,"pinta Sekda.

Sebelumnya, Kabag Kesra Tanbu Hj. Nooryana, S.Sos menyampaikan bahwa kegiatan orientasi Manasik Jama'ah Haji ini adalah kerjasama Pemerintah Daerah, Kementrian Agama setempat  serta Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tanah Bumbu.

Dikatakannya, Total Jama'ah haji tersebut berjumlah 143 Jama'ah   terdiri dari 83 Jama'ah perempuan dan 60 Jama'ah Pria.  "Para Jama'ah akan berangkat  pada tanggal 13  Agustus kedepan. Terdiri dari kloter 6 dengan jumlah 125 Jama'ah . Kemudian untuk  kloter 8  akan memberangkatkan sejumlah 18 Jama'ah,"Jelasnya.

Sementara itu,usai dibukanya orientasi tersebut,  para Jama'ah yang berkumpul di Masjid Agung Nurussalam langsung melakukan simulasi manasik haji. Mereka dipandu petugas Haji dari pihak kementrian Agama Kabupaten Tanah Bumbu.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016