Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Desa Kalimantan Selatan berupaya menggandeng seluruh Tim Penggerak PKK se-Kalimantan Selatan untuk mendukung percepatan kemandirian desa.

Kepala BPMPD Kalsel Gusti Syahyar di Banjarmasin, Senin, mengatakan keberadaan anggota PKK yang tersebar hampir di seluruh pelosok desa akan memberikan dukungan besar untuk mewujudkan berbagai program desa, terutama untuk meningkatkan kemampuan wanita desa melalui berbagai pelatihan.

"Kami akan selalu mendukung kegiatan TP PKK, terutama di tingkat pedesaan, karena PKK menjadi salah satu bagian dari berbagai program peningkatan kemampuan warga desa," katanya.

Hal itu disampaikan Syahyar usai rapat koordinasi PKK se Kalsel untuk membahas dan menemukan titik-titik program atau sasaran yang pas dan menjadi prioritas program.

Melalui berbagai program yang dihasilkan dalam rapat koordinasi tersebit, diharapkan, akan mendukung percepatan kemandirian desa. "Peran PKK sangat besar di pedesaaan, tinggal perhatian pemerintah," ujarnya

Salah satu program yang menjadi fokus kerja PKK antara lain, peningkatan pendapatan keluarga menjadi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari aspek perekonomian.

Ketua TP PPK Provinsi Kalsel, Raudhatul Jannah mengatakan, bukan hanya BMPD, semua pihak terkait, diharapkan turut bergerak dalam meningkatkan kinerja PKK di seluruh tingkatan .

Sehingga, tambah dia, mampu memperkuat sinergitas antara TP PKK tingkat provinsi dengan kabupaten/kota yang dibina, sehingga pelaksanaan program kerja yang telah disusun dapat lebih optimal dan efektif.

Selain peningkatan pendapatan keluarga, TP PKK juga menyiapkan program prioritas lain seperti antisipasi dan penanggulangan terhadap kekerasan dalam rumah tangga, yang beberapa tahun belakangan menjadi permasalah utama yang terjadi di lingkungan keluarga .

Menurut Raudhatul dalam mewujudkan program kerja prioritas yang telah disusun TP PKK Provinsi Kalsel, perlu sinergi serta seluruh lapisan masyarakat dan instansi terkait, baik yang berada di tingkat provinsi maupun tingkat terendah seperti kecamatan/kelurahan.

Rakon TP PKK tingkat provinsi ini dihadiri seluruh pengurus tingkat kabupaten/kota dan menghadirkan pembicara Muhammad Yusuf dari Jakarta yang menyampaikan seputar revolusi mental.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, menyambut baik kagiatan, termasuk menghadirkan dara sumber untuk membahas seputar revolusi mental ini, karena menurutnya sangat relevan dengan semangat TP PKK dalam turut mendorong pembangunan.

Ia berharap, pembekalan ini bisa memperbaiki pola pikir agar pelaksanaan program kerja PKK di daerah kedepannya dapat lebih optimal.

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016