BMKG memprakirakan cuaca di seluruh Kabupaten Kalimantan selatan, cerah berawan sejak Sabtu siang hingga besok pagi.

Seperti Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan dan Hulu Sungai  Tengah cuaca dipagi hari terjadi asap, cerah berawan pada siang hari, cerah pada malam hari dan asap pada dini hari suhu mencapai 22-34 derajat, kecepatan angin 20 km/jam dan kelembapan mencapai 50-95 persen.

Berbeda di Kabupaten Kotabaru, Kabupaten Barito Kuala, Hulu Sungai Utara, Tabalong dan Kabupaten Tanah Bumbu cuaca pada pagi hari cerah.

Pada siang hari cerah berawan, pada malam hingga dini hari cerah. Suhu udara mencapai 24-34 derajat kecepatan angin 20 km/jam dan kelembapan udara mencapai 50-95 persen.

BMKG juga memperkirakan gelombang untuk di perairan Kalimantan Tengah bagian timur, kecepatan angin  dari tenggara-selatan mencapai 6-18 knot dan tinggi gelombang mencapai 1-1,5 meter.

Laut jawa bagian tengah kecepatan angin timur laut-tenggara mencapai 4-20 knot, gelombang air laut mencapai 1-1,25 meter. Laut jawa bagian timur kecepatan angin timur tenggara mencapai 6-17 knot dan gelombang mencapai 1-1,5 meter.

Sedangkan di perairan Kotabaru kecepatan angin tenggara-barat daya mencapai 2-15 knot dan gelombang mencapai 0,5 hingga 1,25 meter.

Dari perkiraan tersebut BMKG mengeluarkan peringatan dini waspada untuk kapal nelayan, kapal tongkang, dan kapal fery terhadap potensi gelombang tinggi mencapai 2,5 meter di perairan selatan Kalimantan atau laut jawa.
 

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023