Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Wali Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Nadjmi Adhani menargetkan meraih penghargaan Adipura Paripurna pada tahun 2017 setelah tahun 2016 bisa meraih Adipura Kirana.

"Adipura Kirana sudah kita raih tahun ini sehingga kami menargetkan mampu meraih Adipura Paripurna pada 2017," ujarnya usai arak-arakan piala Adipura Kirana di Banjarbaru, Minggu.

Ia mengatakan, adipura kirana yang berhasil diraih Banjarbaru kategori kota sedang merupakan keberhasilan yang diraih berkat dukungan seluruh pihak baik pemerintah maupun masyarakat.

Dijelaskan, dukungan masyarakat sangat membantu program-program di bidang lingkungan hidup yang sudah disiapkan dan dijalankan dinas dan instansi terkait di pemkot setempat.

"Pemerintah melalui dinas maupun instansi terkait menyiapkan program dan semua tidak akan berhasil tanpa dukungan penuh seluruh komponen masyarakat," ungkapnya.

Ditekankan, penghargaan adipura bukan tujuan akhir tetapi merupakan pemacu semangat bagi pemerintah menjalankan program-program yang menjaga dan memelihara lingkungan.

Disisi lain, peran aktif masyarakat dalam menjaga maupun memelihara lingkungan sangat diperlukan karena memberi nilai lebih dalam penilaian adipura tahap 1 maupun 2.

"Kami ingin, penghargaan adipura yang diraih memacu semangat seluruh komponen masyarakat menjaga dan memelihara lingkungan sehingga bisa bersih dan sehat," ucapnya.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Banjarbaru Fahrudin mengatakan, nilai yang diraih Banjarbaru bisa memenuhi standar sehingga ditetapkan sebagai peraih adipura kirana.

"Nilainya bagus dan memenuhi standar seperti Tempat Pemprosesan Akhir (TPA) Sampah, perumahan, juga sekolah dan kebersihan pasar yang dinilai bagus," ujarnya.

Sementara itu, arak-arakan adipura pada Minggu pagi berlangsung cukup meriah diawali penyerahan piala yang diserahkan wali kota kepada petugas kebersihan untuk diarak keliling kota.

Arak-arakan yang melintasi ruas jalan protokol Banjarbaru diiringi wali kota, wakil wali kota, anggota DPRD dan anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD).

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016