Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) menjalin perjanjian kerja sama dengan Universitas Brawijaya Malang, untuk menyekolahkan dokter umum menjadi dokter spesialis.

"Perjanjian kerja sama ini salah satunya untuk peningkatan SDM, khususnya untuk peningkatan pendidikan dokter spesialis," kata Bupati HSS H Achmad Fikry dalam keterangan, mengutip pers release Prokopim Setda HSS di Kandangan, Selasa.

Pihaknya berharap dengan kerja sama ini, dokter-dokter umum dari HSS bisa dikirim, untuk meningkatkan ilmunya menjadi dokter spesialis termasuk juga peningkatan SDM ASN yang lainnya.

Ia juga mengungkapkan alasan dipilihnya Universitas Brawijaya dalam kerja sama ini, karena universitas ini mempunyai inovasi-inovasi yang cukup baik, di mana waktu pendidikan bisa lebih cepat selesainya dengan kualitas yang cukup bagus.

Baca juga: Bupati dan Sekda HSS kunjungi mahasiswa di Malang

"Sehingga di tahun anggaran ini sudah kami kirim dua orang dokter umum untuk menjadi spesialis jantung, ke depan akan kami siapkan lagi dalam APBD untuk program ini," ungkapnya, di Ruang Jamuan Lantai VI Gedung Rektorat Universitas Brawijaya.

Rektor Universitas Brawijaya Widodo mengatakan dengan adanya jalinan kerja sama  ini maka akan  lebih mengeratkan hubungan baik dengan Pemkab HSS.

Pihaknya melihat potensi yang sangat besar di daerah yang ada di Pulau Kalimantan, sehingga juga perlu dukungan apalagi ibu kota negara akan pindah ke Pulau Kalimantan.

Begitupun meminta agar mahasiswa asal Kabupaten HSS bisa lebih banyak lagi yang bisa berkesempatan menimba ilmu, dengan berkuliah di Universitas Brawijaya.

"Saya melihat di sistem akademik kami pak bupati, mahasiswa yang dari HSS masih belum banyak, mungkin nanti ada program khusus dari pak bupati untuk mengirim warganya berkuliah di sini," ucapnya.

Baca juga: BNN Kabupaten HSS kembali canangkan dua Desa Bersinar

Kesepakatan kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Bupati HSS dengan Rektor Universitas Brawijaya Widodo., S. Si, M. Si. P.Hd. Med.Sc,

Kedua belah pihak menyepakati pola kerjasama ke depan bukan hanya dalam hal pendidikan, tetapi juga berkaitan dengan pengabdian masyarakat, penelitian dan aspek lainnya.

Hadir dan menyaksikan proses penandatanganan nota kesepahaman tersebut, Sekda HSS H. Muhammad Noor, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H. Hasan Basry Kandangan Hj. Rasyidah, para kepala OPD terkait dan para dokter umum dan spesialis RSUD Kandangan.

Sementara dari Universitas Brawijaya juga hadir Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Setiawan Noerdajasakti, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Internasionalisasi Andi Kurniawan, dan Sekretaris Universitas Tri Wahyu Nugroho.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023