Kandangan,  (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, terus berupaya mendorong kinerja koperasi untuk mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui bantuan dana dari APBD sebagai modal awal koperasi dan UMKM.

Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry di Kandangan Kamis mengatakan, koperasi bila dikelola dengan baik dan benar, akan mampu menjadi salah satu tumpuan ekonomi masyarakat, terutama yang ada dipedesaan, baik itu pemasaran, pengelolaan keuangan dan untuk mendapatkan permodalan.

Sehingga tambah dia, sangat penting bagi pemerintah daerah, untuk terus mendorong dan mengupayakan pengembangan koperasi, hingga di daerah-daerah.

Upaya Pemkab HSS dalam membina dan memberikan bantuan kepada koperasi, usaha kecil menengah mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat.

Bupati HSS H. Achmad Fikry atas nama masyarakat HSS dan penggiat Koperasi dan UKM di Kabupaten Hulu Sungai Selatan menerima tanda penghargaan Bhakti Koperasi dan UKM berupa pin dan sertifikat nasional dari Menteri Koperasi dan UKM RI, AAGN Puspayoga, bertempat di Hotel Novita Jambi, Rabu (20/7) kemarin.

Bupati HSS adalah satu dari 78 Bupati/Walikota se-Indonesia yang menerima penghargaan tersebut, karena dianggap memiliki komitmen yang kuat untuk kemajuan koperasi dan UKM di Kabupaten HSS.

Penghargaan Bhakti Koperasi yang diterima oleh Bupati HSS, berasarkan SK MENKOP DAN UKM RI NO : 15/Kep/M.KUKM/V1/2016 tentang Pemberian Penghargaan atau Jasa Bhakti Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Tahun 2016.

Bupati berharap, dengan dianugerahkannya penghargaan tersebut diharapkan selain dapat memacu percepatan pembangunan di bidang koperasi dan UKM, diharapkan juga bisa memotivasi masyarakat untuk membentuk koperasi dan berusaha melalui Koperasi.

"Hal ini sesuai visi misi Hulu Sungai Selatan "Sejahtera, Agamis, dan Produktif (Sehati)," katanya.

Penghargaan ini, tambah Bupati, juga dapat mendorong pengurus Koperasi untuk terus meningkatkan inovasi dan kinerja Koperasi, dan mengembangkan jenis usaha-usaha baru yang berbasis potensi lokal",ujarnya.

Sebagai dasar pertimbangan Bupati HSS menerima penghargaan tersebut, karena selama 3 tahun berjalan dibawah kepemimpinannya, Achmad Fikry dinilai telah menunjukkan kepedulian dan komitmennya membangun Koperasi dan UKM di wilayahnya.

Kepedulian dan komitmen pemerintah daerah tersebut berupa dukungan dana, pembinaan langsung ke lapangan dan pembinaan-pembinaan lainnya dibidang Koperasi dan UKM.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016