Batulicin, (Antara) - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, bekerjasama dengan TNI-Angkatan Laut (AL) untuk melaksanakan program perbaikan rumah atau "Bedah Rumah" masyarakat nelayan yang kurang layak huni di kawasan pesisir pantai.

"Ada 52 unit rumah warga yang dilakukan perbaikan diantaranya di Kecamatan Batulicin, Kecamatan Satui dan Kecamatan Kusan Hilir," Kata Bupati Tanah Bumbu Mardani H. Maming melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusi H. Fadliansyah Akbar di Batulicin.

Ia mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk lebih  meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir khususnya yang berprofesi sebagai nelayan.

Pelaksanaan bedah rumah, akan terus dilanjutkan ke sejumlah kecamatan lain. Untuk wilayah Batulicin ada sebanyak enam unit rumah yang akan diperbaiki dan di wilayah Kusan Hilir ada sebanyak lima unit rumah warga yang akan diperbaiki.

Untuk Kecamatan Satui, terdapat 37 unit rumah warga yang akan diperbaiki. Tujuh unit diantaranya berada di kawasan Desa Muara Satui dan 30 unit lainya berada di Desa Setarap.

Selain program bedah rumah, Tanah Bumbu bersama TNI-AL juga berencana melaksanakan bhakti sosial berupa pengobatan gratis, sunatan massal, penyaluran paket sembako, penanaman mangrove, penanaman rumpon ikan, dan peresmian kedai pesisir.

Komandan Lanal Kotabaru, Letkol Laut (P) Agus Praptopo Budi Sarjono, S.T, sebelumnya juga mengatakan bahwa kedua program tersebut adalah bentuk sinergitas  TNI bersama pemerintah daerah dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

"Terimakasih atas bantuan semua pihak yang sudah mendukung pelaksanaan kegiatan bedah rumah. Termasuk sejumlah rangkaian kegiatan lain yang rencana dilaksanakan kiranya dapat berjalan lancar," katanya

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016