Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Hulu Sungai Selatan (HSS) H Akhmad Fahmi (HAF) menyampaikan bahwa pihaknya sedang menyiapkan nama-nama yang bakal diusulkan menjadi penjabat (pj) bupati daerah setempat.

Hal ini dilakukan setelah mengirim surat usulan pemberhentian bupati-wakil bupati HSS periode 2018-2023, ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Jadi kita sudah mulai mempersiapkan tiga nama, untuk nantinya kita usulkan menjadi pj bupati," kata dalam keterangan, di Kandangan, Selasa.

Baca juga: Ketua DPRD HSS harapkan APBD perubahan 2023 cepat terselesaikan

Dijelaskan dia, sesuai peraturan baru yang berlaku, DPRD dapat mengusulkan maksimal dapat tiga nama untuk mengisi Pj Bupati HSS nanti, usulan tersebut bisa langsung tiga nama, dua atau satu nama saja.

DPRD Kabupaten HSS tahun ini diperbolehkan mengusulkan nama untuk mengisi Pj bupati, di mana sebelumnya belum ada ketentuan yang mengatur DPRD bisa mengusulkan nama pj bupati.

"Tiga nama disiapkan dan akan diusulkan untuk mengisi Pj Bupati HSS, bisa kita ambil dari jajaran pemkab setempat, ataupun dari unsur Pemprov Kalsel," ujarnya.

Baca juga: DPRD HSS paripurnakan rancangan perubahan KUA PPAS 2023

Sebelumnya diketahui DPRD HSS telah mengirimkan surat usulan pemberhentian Bupati-Wabup HSS periode 2018-2023 ke Pemprov Kalsel, pada Jumat (28/7).

Usulan pemberhentian akan disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Gubernur Kalsel, untuk mendapatkan penetapan pemberhentian berupa Surat Keputusan (SK) penepatan pemberhentian.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023