Bupati Tabalong Kalimantan Selatan H Annag Syakhfiani mendapat kehormatan sebagai nara sumber di   Asean Dengue Day 2023 di Kota Bogor 25 Juni 2023.

Dalam paparannya Anang menyampaikan langkah strategis Kabupaten Tabalong dalam penanganan kasus demam berdarah dengeu  hingga  bisa meraih predikat kasus DBD  terendah di Provinsi Kalsel.

Baca juga: Kasus DBD di Kabupaten Tabalong terendah se-Kalsel

"Keberhasilan Tabalong dalam mengatasi demam berdarah  tak lepas dari kolaborasi inovasi lintas SKPD," jelas Anang  dalam press rilis dari Diskominfo Tabalong, Rabu.

Salah satunya melalui inovasi Sapu Aja DBD yang didukung lebih  15 inovasi lain serta komitmen bersama dan keinginan menjadikan 'Bumi Saraba Kawa'  lebih baik.

Anang menjelaskan  tujuan  inovasi Sapu Aja DBD  yakni  meningkatkan peran serta masyarakat dalam upaya pencegahan demam berdarah dengue.

 Menurunkan angka kesakitan dan kematian serta  mengubah pemahaman masyarakat soal pemberantasan sarang nyamuk lebih efektif daripada fogging.

Baca juga: Banjarmasin lakukan pemberantasan sarang nyamuk DBD serentak

Selain menempati peringkat terendah dalam  kasus DBD  Tabalong juga tercatat terendah nomor empat secara nasional pada tahun 2022.

Sebelumnya Kabupaten paling Utara Provinsi Kalsel ini  sempat menjadi daerah dengan kasus demam berdarah tertinggi  di Provinsi Kalimantan Selatan pada tahun 2015 dengan pesentase kematian sebesar 0,9 persen.

Kini kasus DBD  pada Juli  2023 hanya sebanyak 15 kasus  dengan persentase kematian nol persen.

Asean Dengue Day  sendiri merupakan agenda tahunan yang digagas  Negara-negara di Asia Tenggara dalam upaya menginisiasi pemberantasan DBD  yang menjadi momok di negara  tropis.

 Pada  Asean Dengue Day tahun 2023    Kementerian Kesehatan Republik Indonesia juga  mengadakan  seminar dan Best Practice terkait penanggulangan DBD  yang diikuti 1.200 peserta baik offline maupun  online.

Baca juga: Kasus DBD meningkat, Dinkes Balangan imbau warga berperilaku hidup sehat

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023