Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa DPRD Kalimantan Selatan H Hormansyah membatalkan dirinya mencalon Bupati Hulu Sungai Utara atau kabupaten yang berada di utara provinsi tersebut.

"Saya tidak jadi mencalon Bupati Hulu Sungai Utara (HSU), karena masih berlaku Undang-Undang pemilihan kepala daerah atau Pilkada yang dulu," ujarnya menjawab Antara Kalimantan Selatan (Kalsel) di Banjarmasin, Jumat.

Pasalnya, lanjut wakil rakyat yang bergelar sarjana agama dan sarjana hukum itu, Undang-Undang Pilkada yang masih berlaku tersebut mengharuskan mundur bagi anggota DPRD yang mencalon kepala daerah ataupun wakil kepala daerah.

Wakil rakyat asal daerah pemilihan (dapil) Kalsel V yang meliputi Kabupaten HSU, Balangan dan Kabupaten Tabalong itu memilih tidak jadi mencalon bupati daripada mundur sebagai anggota DPRD provinsi, apalagi melawan petahana.

"Daripada mengharap yang belum tentu menang melawan petahana, lebih baik tetap sebagai anggota DPRD Kalsel," demikian Hormansyah.

Sementara rekannya sesama anggota DPRD Kalsel, Yazidie Fauzi berpendapat, sikap ketua fraksinya tersebut cukup tepat untuk jadi mencalon Bupati HSU yang pelaksanaan Pilkadanya dijadwalkan Februari 2017.

"Pada dasarnya pimpinan PKB mendukung rencana Pak Horman mau mencalon Bupati HSU. Namun semua itu terpulang kepada yang bersangkutan untuk memutuskan," lanjut mantan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kalsel tersebut.

Dalam Pilkada HSU tersebut, semula mantan Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar kabupaten itu, H Supian HK yang kini anggota DPRD Kalsel juga mau mencalon bupati setempat, tapi tidak jadi dengan alasan antara lain kasihan petahana.

Sedangkan petanaha H Abdul Wahid-mantan wartawan Banjarmasin Post yang juga mendapat dukung Partai Golkar terus mensosialisasikan diri untuk periode kedua sebagai orang nomor satu di jajaran pemerintahan kabupaten (Pemkab) HSU.

Menurut rencana pada Pilkada HSU kali ini Abdul Wahid dengan panggilan Awa sewaktu menjadi wartawan tersebut kembali berpasangan dengan H Husairi Abdi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).***2***





(T.KR-SKR/B/H005/H005) 15-07-2016 09:47:47

Pewarta: Syamsudin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016