Amuntai, (Antaranews.Kalsel) -Warga Kota Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan boleh merasakan sedikit rasa aman karena beberapa titik di wilayah kota itu sudah dipasang Closed Circuit Television (CCTV) sejak 2016.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Hamdani di Amuntai, Jum'at mengatakan, salah satu tujuan pemasangan CCTV untuk keamanan.

"Selain bisa memantau kondisi arus lalu lintas, juga diharapkan bisa menciptakan rasa aman di tengah masyarakat dengan adanya CCTV ini," ujar Hamdani.

Hamdani mengatakan, Dishubkominfo telah memasang sebanyak 10 CCTV dengan kemampuan menangkap objek 360 derajat.

Hasil pantauan CCTV ini, kata Hamdani ditampilkan di website milik daerah yang dikelola Dishubkominfo di www.hulusungaiutarakab.go.id sehingga bisa diakses pula oleh masyarakat secara online termasuk via handphone android.

"Jadi kapan pun dan dimana pun, masyarakat bisa turut memantau kondisi wilayah yang dipantau CCTV ini secara online lewat handphone," katanya.

Hamdani memaparkan, CCTV diantaranya dipasang di Simpang Paliwara, bundaran kota, bundaran kantor KPU, Banua Lima, Simpang empat Palampitan Hilir, simpang Pasar Amuntai, halaman Pemkab HSU dan sejumlah titik lainnya.

Dikatakannya, proyek pemasangan CCTV diwilayah kota ini diharapkan menjadi salah satu langkah awal guna mewujudkan 'Smart City, dimana proyek Smart City ini sudah dimulai realisasinya sejak diresmikan Bupati HSU saat  puncak Peringatan Hari Jadi Kabupaten HSU tahun 2016.

"Selain pemasangan CCTV, Dishubkominfo juga telah membangun jaringan online antar instansi pemerintah daerah, menyediakan website dan membentuk Amuntai Center," pungkasnya.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016