Dusun Kuari Desa Panaan Kecamatan Bintang Ara, Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan menerima bantuan panel Surya dari PT Pertamina EP Asset 5  Tanjung Field.

Bantuan dari program Corporate Social Responsibility Pertamina ini untuk membantu masyarakat mendapatkan akses listrik karena akses menuju Dusun Kuari yang cukup sulit.

Baca juga: PT Pertamina bantu Rumah Disabilitas Borneo

"Dengan pemasangan panel surya warga Dusun Kuari bisa mendapatkan akses  listrik," jelas Community Development Officer Pertamina Tanjung Field Hani di Tabalong, Kamis.

Selain bantuan pemasangan panel surya perusahaan migas yang beroperasi di 'Bumi Saraba Kawa' ini juga membantu pembuatan  sumur bor.

Program tanggungjawab sosial Pertamina juga diberikan bagi warga sekitar operasional perusahaan salah satunya Desa Masukau Kecamatan Murung Pudak.

Lewat program Cetak Saring dan Jahit atau Cetar Pertamina memfasilitasi kegiatan pelatihan menjahit kelompok Madani sebagai upaya menghapuskan kemiskinan dan kesetaraan gender
para ibu kelompok Madani di Desa Masukau.

Selain itu  pelatihan ini bertujuan meningkatkan kapasitas menjahit ibu-ibu kelompok madani di Desa Masukau dengan tujuan jangka panjangnya dapat memberikan tambahan penghasilan bagi ibu rumah tangga.

Pelatihan menjahit selama lima hari  memfokuskan pada pembuatan kemeja mulai dari pembuatan pola, lengan baju, kerah dan pemasangan kancing yang dibimbing langsung  instruktur menjahit yang bekerjasama dengan BLK Kabupaten Tabalong.

Termasuk program Kuas Jirak ( Pelatihan memasak pembuatan roti abon dan kue pastel) bagi Kelompok Barokah  Desa Jirak Kecamatan Pugaan menjadi salah satu komitmen Pertamina untuk meningkatkan perekonomian warga lokal.

Baca juga: Pertamina kelola blok migas di Aljazair hingga 35 tahun ke depan

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023