Pemerintah Desa Baramban, Kecamatan Awayan, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan membantu perlengkapan sekolah untuk anak yang kurang mampu agar memudahkan warga dalam melanjutkan jenjang pendidikan.

Kepala Desa Baramban Jainuddin mengatakan, pemerintah desa membantu sebanyak 17 anak dalam melanjutkan jenjang karir sekolah mereka dengan memberikan seragam hingga alat tulis sekolah.

Baca juga: ITS Mandiri buka beasiswa sarjana pemerintahan desa

“Alhamdulillah kami dapat membantu sebanyak 17 anak yang kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan, kami memberikan bantuan berupa seragam, sepatu, tas lengkap dengan alat tulisnya,” kata Jainuddin di Balangan, Senin.

Jainuddin mengungkapkan pemberian bantuan tersebut bersumber dari anggaran dana desa, dan ini juga bertepatan dengan tahun ajaran baru.

Menurut Jainuddin bantuan ini juga menjadi upaya pemerintah desa agar tidak ada anak yang putus sekolah, yang mana bantuan diberikan kepada anak dengan jenjang SD, SMP, SMA dan memasuki pondok pesantren. 

"Pemberian bantuan pada tahun ajaran baru, diharapkan tidak ada alasan bagi anak untuk tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan semoga dapat meringankan beban bagi para orang tuanya," ucap Jainuddin. 

Sementara salah satu anak yang mendapatkan bantuan, Muhammad Rajib berhasil lulus di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan nilai yang baik, dia memiliki semangat besar untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA, menaiki tahapan pendidikan yang membantunya untuk bisa meraih cita-cita. 

Baca juga: Pemdes Mantuyan Balangan salurkan BLT dana desa tahap 1-3

Meski dari keluarga kurang mampu, Rajib memiliki keinginan besar untuk bisa lulus SMA dan mendapatkan pekerjaan yang baik dan membantu keluarga memenuhi kebutuhan. 

"Sangat bersyukur sekali dengan adanya bantuan ini, saya berharap dukungan kepada siswa dari keluarga kurang mampu bisa terus dilakukan setiap tahun ajaran baru," ujar Rajib.

Baca juga: Pemerintahan desa gunakan drone basmi gulma

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023