Pemerintah Desa (Pemdes) Mantuyan, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahap 1-3 sebesar Rp900 ribu per bulan Januari-Maret 2023 di kantor desa setempat.

"Semoga dengan bantuan ini warga masyarakat dapat terbantu dalam memenuhi kebutuhan pokok mereka sehari-hari, terutama kepada para lansia," kata Pendamping Lokal Desa (PLD) Mantuyan Sri Laraswati kepada ANTARA, Kamis.
ANTARA/erde


Laras menuturkan, penyaluran BLT-Dana Desa tahap 1-3 bulan Januari-Maret tahun 2023 sendiri diberikan kepada 46 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Mantuyan secara tunai.

Dia melanjutkan, mereka yang menerima BLT dana desa ini tentunya sudah masuk kategori sesuai verifikasi yang dibentuk oleh Pemdes Mantuyan melalui musyawarah desa.

Baca juga: Polsek Pugaan Tabalong kawal penyaluran BLT

Sementara kriteria untuk penerima BLT-DD adalah, warga miskin ekstrim, kehilangan mata pencaharian, mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis atau difabel, keluarga yang tidak menerima bantuan sosial program keluarga harapan dan rumah tangga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia.

"Alhamdulillah mereka sangat merasa terbantu dengan bantuan BLT ini, apalagi saat musim hujan sekarang yang mana mata pencaharian mereka rata-rata menyadap karet, kalau hujan turun mereka tidak bisa menyadap karet," tuturnya.

Baca juga: KPPN dampingi Dinas PMD serahkan BLT kepada masyarakat

Selain itu, tujuan pemberian BLT sendiri adalah untuk menanggulangi kemiskinan ekstrim yang ada di desa sekaligus pemulihan ekonomi berupa perlindungan sosial.

Diketahui, sesuai dengan aturan pemerintah pusat tetap melanjutkan proses pencairan BLT Dana Desa tahap 1 di bulan Maret 2023, dengan memberikan alokasi minimal 10 persen dan maksimal 25 persen yang diawasi Kemendes PDTT.

Baca juga: Penduduk miskin Tanah Laut tahun 2022 berjumlah 13.540 jiwa

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023