Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Muhammad Tambrin menyampaikan kabar duka usai dua jamaah haji asal Kalsel yang wafat bertambah dua orang sehingga total menjadi enam orang.
 
Menurut Tambrin di Banjarbaru, Jumat, kabar duka disampaikan dari Arab Saudi bahwa dua jamaah haji asal Kalsel yang wafat, yakni Hj Zahratun Abdul Samad Salam (42) dari Kota Banjarmasin.

Baca juga: Info Haji: 328 jamaah haji Kloter 2 Embarkasi Banjarmasin tiba di tanah air
 
Almarhum merupakan anggota Kloter 17, dikabarkan wafat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) Herra General Hospital pada Jumat ini sekitar pukul 03.00 dinihari Waktu Arab Saudi (WAS).
 
Kemudian, kata dia, jamaah haji bernama Hj Maswiyah Syahyuni Umrah dari Kloter 11 asal Kabupaten Tanah Laut wafat di Mekah pada Jumat 14 Juli 2023, pukul 03.00 WAS.
 
Dengan bertambahnya dua jamaah haji yang wafat ini, maka total jamaah haji Kalsel yang wafat sebanyak enam orang.
 
Sedangkan jumlah total jamaah haji Embarkasi Banjarmasin asal Kalsel dan Kalimantan Tengah (Kalteng) yang wafat menjadi 11 orang.
 
"Update terakhir per tanggal 10 Juli ada sebanyak sembilan jemaah haji Embarkasi Banjarmasin yang wafat, sekarang per tanggal 14 Juli bertambah menjadi 11 orang," tuturnya.
 
Dengan rincian, kata dia, jamaah haji dari Kalsel wafat mencapai enam orang dan jamaah haji Kalteng wafat sebanyak lima orang.

Baca juga: Haji berangkat gelombang ke-2 Embarkasi Banjarmasin mulai ke Madinah
 
Tambrin mendoakan semoga semua jamaah haji yang wafat di Tanah Suci menjadi haji mabrur dan umrah yang makbul serta mendapatkan rahmat dan magfirah dari Allah SWT. 
 
"Bagi jamaah haji yang lainnya tetap semangat dalam melaksanakan ibadah, dan terus jaga kondisi kesehatan sampai nanti kembali ke tanah air dalam keadaan sehat dan selamat," katanya.
 
Adapun daftar jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang wafat di Tanah Suci hingga 14 Juli 2023, yakni Siti Fatimah Padlam (68) Kloter 14 dari Hulu Sungai Tengah, Kalsel, Jusup Bin Tagap (99) Kloter 14 dari Kotabaru, Kalsel, Zainal Abidin Zarkasi Aziz (62) Kloter 12 dari Kota Banjarmasin, Kalsel.
 
Kemudian, Zainuddin Bin Awi (56) Kloter 16 dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalsel, Hj Jahratun Abdul Samad Salam (42) Kloter 17 dari Kota Banjarmasin, Kalsel, Hj Maswiyah Syahyuni Umrah, Kloter 11 Kabupaten Tanah Laut, Kalsel.
 
Selanjutnya, Abdul Karim Jumri (68) Kloter 7 dari Barito Utara, Kalteng, Cunu Sinan Dana (82) Kloter 3 dari Kapuas, Kalteng, Muni Darzat Unan (60) dari Kapuas, Kalteng, Udin Abbas Tumar (66) Kloter 3 dari Kapuas, Kalteng, Hj Maisyarah Binti Oseh (55) Kloter 04 dari Kotawaringin Timur, Kalteng.
 
Embarkasi Banjarmasin memberangkatkan sebanyak 5.708 orang jamaah haji dari Kalsel dan Kalteng dengan 18 Kloter pada musim haji 2023 yang berangkat ke Tanah Suci, serta 11 orang meninggal dunia.

Baca juga: Kemenkumham pastikan dokumen keimigrasian kedatangan jamaah haji kloter 1 lengkap

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023