Sebanyak 328 jamaah haji Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan telah tiba di tanah air pada Selasa pukul 11.23 WITA di Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin.
 
Menurut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalsel Dr H Muhammad Tambrin yang juga Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin, Selasa, Kloter 2 yang tiba ini jamaah haji dari Kabupaten Tabalong.

Baca juga: Info Haji - Jamaah haji wafat asal Embarkasi Banjarmasin bertambah dua jadi sembilan orang
 
Diungkapkan dia, jumlah jamaah haji Kloter 2 yang pulang ke tanah air ini lebih satu orang dari keberangkatan sebelumnya, karena ada mutasi dari Kloter lain.
 
"Ada satu jamaah haji dari Kloter 4 yang ikut pulang bersama Kloter 2 ini," papar Tambrin.
 
Jamaah haji yang tiba di tanah air dari Arab Saudi ini langsung di bawa ke Asrama Haji Kota Banjarbaru, salah satunya untuk pengecekan kesehatan.
 
Tambrin pun mengajak seluruh jemaah haji yang telah selesasi berhaji dan tiba di tanah air agar senantiasa menebarkan kebaikan saat berada di daerah masing-masing.

Baca juga: Sebanyak 6.961 peserta haji kembali ke Tanah Air hari ini
 
"Setelah ini jemaah haji akan diantar oleh panitia daerah dari asrama haji ke daerah masing-masing, saat berada di daerah kalian akan disambut oleh keluarga dan masyarakat disekitar tempat tinggal kalian, oleh karenanya saya minta kepada para jemaah haji agar dapat menjadi penebar kebaikan di masyarakat," tuturnya.
 
Tambrin menerangkan, Kata mabrur itu berakar dari kata "al-birr" yang bermakna baik atau kebaikan. 
 
"Dan Kebaikan tidak akan terwujud tanpa diiringi dengan usaha dan amal shaleh setelah berhaji, sehingga segala sesuatu yang baik adalah diantara perilaku yang harus diwujudkan dan senantiasa menghiasi kehidupan seorang haji mabrur," katanya.
 
Menurut Tambrin, segala perbuatan baik dan amal saleh yang dilakukan oleh jemaah haji selama berada di tanah suci haruslah dapat implementasikan di lingkungan dan dimasyarakat tempat tinggalnya. 
 
"Sehingga kehadiran jemaah haji kembali dilingkungannya dapat memberikan dampak yang positif sebagai contoh seorang muslim yang bukan hanya sholeh dalam ibadah tetapi juga sholeh dalam kehidupan sosial," demikian kata Tambrin.
 
Sementara ini jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang sudah pulang ke tanah air sebanyak 655 orang dari dua Kloter.
 
Embarkasi Banjarmasin memberangkatkan sebanyak 5.708 orang jamaah haji dari Kalsel dan Kalteng pada 18 Kloter pada musim haji tahun 2023 ini yang berangkat ke Tanah Suci. Sembilan diantaranya meninggal dunia.

Baca juga: Info Haji - Air mata saat tawaf wada
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023