Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry menghadiri rapat paripurna DPRD Kabupaten HSS dengan agenda penyampaian Kebijakan Umum Anggaran(KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara(PPAS ) Tahun Anggaran 2024.

"KUA merupakan implementasi RKPD menggunakan sumber dana APBD HSS, dokumen tersebut menjadi acuan menyusun PPAS dan rancangan APBD 2024 mendatang," kata Fikry dalam pidato penyampaikan, di gedung DPRD setempat, Kandangan, HSS, Kalimantan Selatan, Rabu.

Sedangkan PPAS APBD adalah rancangan Program Prioritas serta Alokasi Plafon Anggaran Sementara (PPAS), yang menjadi acuan SKPD dalam menjabarkan program dan kegiatan dalam rencana kerja dan anggaran SKPD.

Baca juga: DPRD HSS apresiasi suksesnya gelaran Festival Loksado 2023

Sesuai RKPD tahun anggaran 2024, tema pembangunan Kabupaten HSS “Akselerasi Penguatan Sektor Strategis untuk Pemulihan Ekonomi yang Inklusif Berbasis Pembangunan di Perdesaan, dengan Memperhatikan Kelestarian Lingkungan Hidup”, yang didukung dengan prioritas pendukung strategi pembangunan.

"Untuk mencapai target pembangunan kita pada tahun anggaran 2024 diperlukan sumber penerimaan daerah untuk membiayainya, dalam mengukur kemampuan keuangan daerah meracik strategi serta menyusun prioritas program dan kegiatan," papar Fikry.

Lebih lanjut, Fikry menguraikan pada prinsipnya agenda pembangunan daerah merupakan satu kesatuan, dalam mendukung agenda pembangunan nasional dan provinsi.

Oleh karena itu upaya koordinasi, sinkronisasi dan sinergi program serta kegiatan dengan pemerintah turut menjadi perhatian dalam menyusun prioritas belanja daerah.

Baca juga: Legend 621 FC menangi pertandingan sepak bola fourfeo Ketua DPRD HSS

Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi tumpang tindih antara program dan kegiatan yang bersumber dari APBD, APBD provinsi dan APBN, sehingga terjalin keterpaduan program pemerintah pusat dan daerah,

"Dengan demikian setiap dana yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS dalam APBD diharapkan benar-benar bermanfaat, dan dapat dipertanggungjawabkan," ujar Fikry.

Rapat Paripurna dipimpin Wakil Ketua II DPRD Kabupaten HSS H. Muhammad Kusasi, dihadiri para asisten, staf ahli, para kepala perangkat daerah lingkup Pemkab HSS dan anggota DPRD.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023