Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Hulu Sungai Selatan (HSS) Haji Kartoyo mengapresiasi suksesnya gelaran Festival Loksado 2023, yang telah dilaksanakan dari tanggal 7 hingga 9 Juli 2023 lalu.

"Kami berharap ke depan Festival Loksado yang setiap tahun digelar, bisa dapat lebih dikembangkan lagi dengan beragam inovasi," kata Kartoyo dalam keterangan, di Kandangan, Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin.

Baca juga: DPRD HSS rapat bulanan susun program kerja untuk sinkronisasi kegiatan

Pihaknya menyarankan agar pelaksanaan festival di tahun mendatang khususnya bamboo rafting tetap dilaksanakan di Loksado, namun pembukaan secara seremonial dilakukan di Kota Kandangan.

Dengan seremonial pembukaannya di Kota Kandangan, diharapkan dapat mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan pariwisata di daerah, jadi tidak hanya terpusat di Loksado.

“Setelah seremonial pembukaan di Kota Kandangan, lalu para pengunjung dapat hadir langsung ke Loksado menikmati pariwisata, di mana di Loksado nantinya juga ditampilkan aneka produk-produk dari karya UMKM di sana,” ujar Kartoyo.

Baca juga: Bapemperda : Raperda inisiatif fasilitasi HAKI ciptakan lingkungan kondusif bagi inovasi

Dan supaya lebih menarik dan mendongkrak kunjungan para wisatawan baik dari lokal hingga luar daerah serta mancanegara, di saat seremonial acara bisa menampilkan band atau artis terkenal sebagai bintang tamu.

Ditambahkan Kartoyo, festival juga digarap menampilkan inovasi kreatif meningkatkan sektor pariwisata, produk dari UMKM daerah makin laku dan bersaing sehingga ekonomi bergerak, maka berdampak destinasi wisata di daerah terus ramai pengunjungnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023