Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry bertindak sebagai inspektur upacara, sekaligus membuka program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 tahun 2023 Kodim 1003/HSS.

"Mengangkat tema TMMD "Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat", kita harapkan jadi kontribusi besar peran TNI dalam pembangunan daerah," kata Fikry, dalam sambutan, di Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan, Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu.

Dijelaskan Fikry, dengan keterlibatan TNI dalam membangun dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat, merupakan prestasi yang patut diacungi jempol.

Pihaknya juga menekankan pentingnya partisipasi aktif dari masyarakat dalam kegiatan TMMD, dan mengajak semua elemen masyarakat turut berperan dalam pembangunan di daerah.

Baca juga: Ratusan personil dikerahkan sukseskan TMMD ke-117 Kodim 1003/HSS

Baik itu dengan memberikan ide, tenaga, maupun sumber daya yang dimilik, serta dalam upaya memperkuat kemanunggalan TNI dan rakyat melalui program TMMD.

"Kami mengimbau agar seluruh masyarakat saling mendukung dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, karena TMMD juga melibatkan masyarakat, wujud sinergi yang kuat antara TNI-Polri dan masyarakat," ujar Fikry.

Menurut Fikry, pihaknya dari pemerintah daerah mengapresiasi masuknya program TMMD di HSS, dan berharap hasilnya nanti dapat dirasakan besar manfaatnya dan bisa dipelihara oleh masyarakat.

Dan ke depannya dari hasil pengerjaan jalan yang dilakukan dengan pengerasan, maka pemerintah daerah pada waktunya nanti dapat melakukan pelicinan dengan pengaspalan.

"Dalam TMMD akan sangat terasa semangat gotong royong, TNI dan Polri bekerja bahu membahu bersama rakyat, termasuk dalam memasak," ucap Fikry.

Baca juga: Personil Kodim 1003/HSS dan warga gotong royong dirikan gapura TMMD ke-117

Pihaknya berterima kasih jajaran TNI dan Polri dan semua stakeholder terkait, membangun semangat kebersamaan, meningkatkan wawasan kebangsaan serta membentuk kesadaran berbangsa dan bernegara melalui program TMMD.

Adapun TMMD ke-117 Kodim 1003/HSS dilaksanakan di Dusun Paniungan, Desa Malilingin, Kecamatan Padang Batung selama satu bulan dari tanggal 12 Juli sampai dengan 10 Agustus 2023.

Dusun Paniungan merupakan wilayah yang terletak di pedalaman HSS, dan masih membutuhkan perbaikan infrastruktur serta peningkatan akses terhadap layanan dasar.

Serta, melalui program TMMD ke-117 ini, Kodim 1003/HSS bertekad untuk mengatasi kendala tersebut, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023