Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ( PUPR) Kotabaru Kalimantan Selatan, segera merealisasikan pekerjaan perluasan Spam  jaringan perpipaan  di Desa Hampang Kecamatan Hampang.

" Perluasan jaringan pemipaan kita mula dengan melakukan pengukuran Mutual Check Awal (MC-0) yang artinya sudah siap di kerjakan," kata Kabid Sumber Daya Air dan Penyehatan Lingkungan, Hasbiyanta di Kotabaru, Rabu.

Baca juga: PUPR Kotabaru lakukan cek mutual ruas jalan Pondok Labu
   
Menurut Hasbi, kegiatan tersebut merupakan kegiatan penghitungan kembali volume item yang akan di kerjakan dan disesuaikan antara gambar perencanaan dengan kondisi lapangan. 

Sehingga didapatkan volume yang aktual sesuai dengan kondisi real pekerjaan yang di butuhkan 

Hasil dari perhitungan tersebut, baik kelebihan dan kekurangan volume  akan dituangkan dalam sebuah laporan kerja yang dinamakan laporan Mutual Check Awal (MC-0).

" Penghitungan MC-0 suatu pekerjaan menjadi salah satu kelengkapan yang wajib dibuat dan dilaksanakan karena ini akan berpengaruh terhadap pekerjaan yang nantinya akan dilaksanankan apakah mengalami perubahan, atau tetap volumenya," katanya

Baca juga: PUPR Kotabaru keruk sungai antisipasi banjir

Proses pengerjaan sudah memasuki masa kontrak dengan penanganan perpipaan sepanjang 11,351 meter dengan pemasangan pemasangan sambungan rumah sebanyak 262 sambungan rumah ( SR).

Di harapkan dengan adanya penyambungan pipanisasi ke rumah rumah masyarakat tidak lagi mengalami kesulitan kebutuhan air bersih.

Baca juga: PUPR Ministry "gifts" Banjarmasin a suspension bridge

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023