Balangan, (Antaranews Kalsel) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, memastikan kecil kemungkinan adanya peredaran vaksin palsu di bumi sanggam.

Diterangkan oleh Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Balangan, Nor Adawiyah, adanya kemungkinan peredaran vaksin palsu di Balangan sangat kecil.

Hal ini jelas Nor Adawiyah, karena sistem pelayanan penggunaan vaksin melalui satu arah, yakni melalui Dinkes setempat.

"Wilayah Balangan tidak terlalu luas, sehingga pengawasan terhadap para dokter dan para bidan yang membuka praktek umum cukup mudah, selain itu, sistem penggunaan vaksin melalui satu arah, yaitu melalui Dinkes Balangan," jelasnya.

Meskipun begitu, saat ini ia mengaku, pihaknya tetap melakukan pengecekan di tempat-tempat pelayanan kesehatan serta praktek-praktek umum di Balangan, untuk memastikan kembali tidak ada vaksin palsu yang sampai beredar di bumi sanggam.

"Untuk pelayanan kesehatan di bawah Dinkes sendiri kita jamin tidak ada vaksin palsu. Karena vaksin yang kita digunakan merupakan vaksin yang distribusikan oleh Dinkes Provinsi dan berbeda dari vaksin palsu yang ramai di pemberitaan," tutup Nor Adawiyah.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016