Kotabaru,  (AntaranewsKalsel) - Satuan Lalu Lintas Polres Kotabaru, Kalimantan Selatan, bekerja sama dengan Dinas Perhubungan dan instansi terkait lainnya menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah melakukan uji kelaikan kendaraan angkutan penumpang dan barang.

Kapolres Kotabaru Ajun Komisaris Besar Polisi H Suhasto, melalui Kanit Unit Pendidikan dan Reka Yasa (Dikyasa) Satlantas Polres Kotabaru Inspektur Dua Ratno, Kamis mengatakan, uji kelaikan ini merupakan salah satu upaya untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

"Uji kelaikan dipusatkan di Terminal Induk Stagen, Kotabaru, dan tidak menutup kemungkinan juga akan dilakukan di titik-titik tertentu apabila diperlukan," kata Ratno menjelaskan.

Ia berharap, dengan uji kelaikan kendaraan angkutan penumpang dan barang dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya, dan penumpang khususnya para pemudik lebih yakin bahwa dia menggunakan armada yang baik atau layak.

Selain melakukan uji kelaikan, Sat Lantas Polres Kotabaru bersama Dinas Perhubungan juga melakukan sosialisasi kepada para sopir dan awak transportasi untuk berhati-hati dan taat terhadap rambu-rambu lalu lintas demi keselamatan bersama.

Uji kelaikan meliputi, kelengkapan administrasi baik itu izin angkutan, izin trayek, maupun surat menyurat lainnya seperti KIR.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016