Jamaah haji tertua dari Provinsi Kalimantan Selatan bernama Yusuf Tagap Amrullah bin Tagap berusia 98 tahun wafat di Mina, Arab Saudi pada Jumat (30/6) atau bertepatan 12 Dzulhijjah 1444 H pada pukul 06.25 Waktu Arab Saudi.
 
Menurut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Dr H Muhammad Tambrin di Banjarmasin, Sabtu, informasi wafatnya jamaah haji asal Kabupaten Kotabaru tersebut baru diterima Kemenag Kalsel pada Sabtu.

Baca juga: Perjalanan jamaah Embarkasi Banjarmasin ke Arafah tanpa kendala
 
Menurut dia, almarhum merupakan jamaah haji tertua Kalsel pada musim haji tahun 2023 atau 1444 H.
 
Almarhum berangkat melalui Kloter 14, yakni dari Kabupaten Kotabaru dan Hulu Sungai Tengah, diberangkatkan pada pada 16 Juni 2023 dari Bandara Internasional Syamsuddin Noor ke Jeddah Arab Saudi.
 
"Atas nama keluarga besar Kanwil Kemenag Kalsel dan juga PPIH Embarkasi/ Debarkasi Banjarmasin kami menyampaikan bela sungkawa dan turut berduka cita atas meninggalnya bapak Yusuf Tagap, Kita mendoakan bersama semoga almarhum senantiasa mendapat curahan rahmat dan magfirah dari Allah SWT dan smoga keluarga yg ditinggalkan tabah melepas kepergiannya. Amin," ujarnya.
 
Tambrin memiliki kenangan tersendiri dengan sosok almarhum jamaah haji Yusuf Tegap, sebelumnya diberangkatkan ke tanah suci Mekkah.

Baca juga: Info Haji - Operasional keberangkatan haji di Embarkasi Banjarmasin berakhir
 
"Saya masih ingat waktu itu saat beliau mau diberangkatkan menuju bandara dari asrama haji, saya bersama Wakil Bupati Kotabaru masih sempat menyapa dan berbicara dengan beliau," katanya. 
 
Menurut Tambrin lagi, selain almarhum Yusuf Tegap, jamaah haji Kalsel yang dikabarkan meninggal dua pula pada saat ibadah di Arafah, Muzdalifah dan Mina atau saat puncak haji ini, bernama Siti Fatimah (61).
 
Almarhum juga masuk Kloter 14 dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah, wafat pada pada Rabu 28 Juni 2023 atau 10 Dzulhijjah 1444 H di Mina, Arab Saudi.
 
"Kita juga sangat berdukacita atas meninggalnya almarhumah ini, doa yang sama kita panjatkan," tuturnya.
 
Dengan demikian, sudah dua jamaah haji asal Provinsi Kalimantan Selatan yang meninggal di tanah suci dari sekitar 4.000 orang yang diberangkatkan tahun ini.
 
Embarkasi Banjarmasin Kalimantan Selatan memberangkatkan sebanyak 5.708 jamaah haji pada 18 Kloter 2023 ini, yakni dari Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Baca juga: Info haji: Sebanyak 5.157 JCH Embarkasi Banjarmasin sudah di Mekkah

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023