Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Haji Banjarmasin, Kalimantan Selatan Dr H Muhammad Tambrin menyampaikan operasional keberangkatan haji dari Embarkasi Banjarmasin berakhir usai pemberangkatan terakhir Kloter 17 pada Kamis dinihari.
 
"Kloter 17 atau Kloter haji terakhir Embarkasi Banjarmasin telah diberangkatkan pada Kamis pukul 01.34 WITA dari Bandara Internasional Syamsuddin Noor ke Jeddah, Arab Saudi," ujar Tambrin di Asrama Haji Kota Banjabaru, Kamis.

Baca juga: Info haji: Sebanyak 5.157 JCH Embarkasi Banjarmasin sudah di Mekkah
 
Menurut dia, pemberangkatan Kloter 17 dengan jumlah jamaah calon haji (JCH) sebanyak 224 orang tersebut, maka secara resmi operasional keberangkatan haji dari Embarkasi Banjarmasin berakhir.
 
Adapun Kloter 17 yang diberangkatkan campuran berasal dari beberapa daerah, yakni Kota Banjarmasin sebanyak 184 orang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (sembilan orang), Kabupaten Tanah Laut (enam orang).
 
Selanjutnya dari Kabupaten Kotabaru (enam orang), dari Kabupaten Banjar (tiga orang), Kota Banjarbaru (dua orang), Kabupaten Tapin (dua orang), Kabupaten Balangan (satu orang), Kabupaten Hulu Sungai Utara (satu orang), Kabupaten Barito Kuala (satu orang).
 
"Ada juga masuk dua JCH dari Kotawaringin Timur Kalteng," ujar Tambrin.
 
Menurut dia, pemberangkatan 17 Kloter dan satu Kloter tambahan hingga totalnya 18 Kloter dari Embarkasi Banjarmasin sehingga total jamaah calon haji dengan petugas haji dari Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah pada musim haji 2023 mencapai 5.708 orang.

Baca juga: Info Haji - 4.000 jamaah Embarkasi Banjarmasin telah diberangkatkan
 
Tambrin pun selalu berpesan kepada para jamaah dan para petugas haji, bahwa pergi haji adalah berkah yang harus disyukuri dan sebaik baik cara bersyukur dengan memaksimalkan dan fokus hanya untuk ibadah haji.
 
Dia juga terus berpesan agar saling tolong menolong antar sesama jemaah dan petugas terutama kepada jamaah lansia dan risiko tinggi saat di Tanah Suci Mekkah dan Madinah.
 
"Saya juga mengingatkan agar membekali diri dengan sabar dan lapang dada karena ibadah haji adalah rangkaian ibadah yang dibangun di atas pondasi kesabaran," ujarnya.
 
Sebagian Ketua PPIH Embarkasi Banjarmasin dan Kepala Kanwil Kemenag Kalsel, Tambrin menyampaikan terima kasih kepada semua yang terlibat pada operasional keberangkatan haji 2023, hingga semuanya bisa berjalan lancar tanpa ada kendala yang berarti.
 
"Terimakasih atas koordinasi dan kerjasama yang baik hingga kita dapat menyelesaikan dan memberangkatkan petugas dan jemaah calon haji berjumlah 5,708 orang ke tanah suci," ucap Tambrin.

Baca juga: Info Haji - Bupati Tapin ingatkan JCH tak sembarang merokok

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023