Sebanyak 5.157 jamaah calon haji dari Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (Kalselteng) yang tergabung keberangkatan di Embarkasi Haji Banjarmasin, Kalsel sudah berada di tanah suci Mekkah, Arab Saudi.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalsel Dr H Muhammad Tambrin di Banjarbaru, Senin, menyampaikan, sebanyak 5.157 jamaah tersebut berangkat pada 15 kloter dan satu Kloter tambahan.

Baca juga: Info Haji - Mimpi dan harapan menuju Baitullah terwujud dari adonan kue

Menurut dia, satu Kloter tambahan itu adalah Kloter 18 yang diisi jamaah calon haji tambahan dari kuota yang diberikan Pemerintah Kerjaan Arab Saudi.

"Keberangkatan kloter tambahan bersama kloter 14," ujarnya.

Menurut dia, Embarkasi Banjarmasin secara resmi memberangkatkan sebanyak 17 Kloter ditambah satu Kloter, hingga 18 Kloter dengan total jamaah sebanyak 5.430 orang.

"Saat ini mulai bersiap Kloter 16 untuk diberangkatkan," ujar Tambrin.

Baca juga: Bupati HST lepas puluhan jamaah calon haji Kloter 14

Disampaikan dia, Kloter 16 yang akan diberangkatkan pada pukul 22.40 WITA Nomor Flight GA 8116 dari Bandara Syamsuddin Noor ke Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi tersebut sebanyak 327 orang.

Para jamaah Kloter 16 ini, papar dia, berasal dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah berjumlah 139 orang, Hulu Sungai Selatan berjumlah 96 orang, Tapin 66  orang dan Banjar 21 orang dengan 5 petugas Kloter.

Tambrin selalu berpesan kepada jamaah untuk jaga kekompakan dan kerjasama yang baik antar sesama  jemaah dan dengan petugas, selanjutnya disiplin dalam menjaga kesehatan dan kebugaran terlebih menjelang puncak Haji Wukuf di Arafah, Muzdalifah dan Mina.

Dia juga berpesan agar jamaah untuk mengutamakan ibadah wajib daripada sunnah, kemudian mematuhi aturan baik dari Pemerintah Indonesia atapun dari Arab Saudi.

"Kita selalu berdoa agar para jamaah menjalankan ibadah dengan lancar, pulang dengan sehat ke tanah air dan menjadi haji mabrur," kata Tambrin.

Baca juga: Info Haji - Wakil Wali Kota lepas 203 jamaah calon haji Banjarbaru
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023