Kandangan, (Antaranews  Kalsel) -  Bupati HSS H Achmad Fikry membuka secara resmi kegiatan Pesantran Ramadhan 1437 Hijiriah yang diikuti  jumlah peserta sebanyak 137 orang di Aula Mesjid Agung Taqwa Kandangan, Hulu Sungai Selatan, Senin (27/6).

Pelaksana kegiatan ini dari Angkatan Muda Mesjid Agung Taqwa Kandangan menggelar Pesantren Ramadhan Tahun 1437 hijriah dengan tema "Satukan langkah menuju generasi islami yang berakhlak mulia dan berilmu".

Ketua Angkatan Muda Mesjid Taqwa Kandangan Zain Anwari menyampaikan waktu pelaksanaan Pesantren Ramadhan dimulai tanggal 27 sampai dengan 30 Juni 2016 atau 22 sampai dengan 25 Ramadhan tahun 1437 hijriah dengan jumlah peserta sebanyak 137 orang yang terdiri dari siswa siswi SMP/MTsN, SMA/MA/SMK, remaja Pondok Pesantren dan remaja umum.

Adapun materi yang diberikan mengenai ilmu-ilmu agama seperti tauhid, fiqih, tasawuf dan akhlak. Selain itu ada juga ilmu pengetahuan umum tentang kependidikan dan narkotika juga ditambah kegiatan lainnya seperti tadarus Al Quran, shalat dhuha dan shalat zuhur berjemaah selaku narasumber para alim ulama, Ketua MUI Kabupaten HSS, Dinas Pendidikan Kabupaten HSS.

Kegiatan ini bertujuan dalam rangka mengisi kegiatan di bulan ramadhan tahun 1437 hijriah dan untuk memperluas wawasan keagamaan serta melestarikan budaya menuntut ilmu, shalat berjemaah, tadarus Al Qur’an di bulan ramadhan, juga membina generasi muda agar menjadi generasi yang islami.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan Pesantren Ramadhan merupakan bagian yang sebenarnya harus diikuti banyak anak karena selama bulan ramadhan, karena aktivitas di sekolah diliburkan.

"Hendaknya makna diliburkannya sekolah di bulan ramadhan bisa dimanfaatkan untuk mengisi berbagai kegiatan yang bermanfaat dan juga menambah berbagai pengetahuan keagamaan sehingga nantinya dapat menghasilkan anak yang berprestasi dari segala hal, baik berprestasi dalam bidang akademik di sekolah maupun berprestasi dalam bidang keagamaannya," ujar Bupati.

Dipesankannya  kepada peserta Pesantren Ramadhan, agar waktu selama Pesantren Ramadhan dapat dijadikan saling tukar menukar pengalaman, jangan menyia-nyiakan waktu yang ada untuk memperdalam ilmu dan jangan pernah meninggalkan shalat.

Kepada Angkatan Muda Mesjid Agung Taqwa Kandangan, Bupati juga berpesan untuk terus melakukan langkah-langkah bersama Yayasan Mesjid Agung Taqwa Kandangan untuk terus menjadikan Mesjid Agung Taqwa Kandangan sebagai pusat kegiatan keagamaan di HSS.

Sementara itu, Ketua Yayasan Mesjid Agung Taqwa Kandangan H.Muhammad Aliansyah berharap Pesantren Ramadhan ini dapat menjadi salah satu media untuk mempererat hubungan antarsiswa dari berbagai sekolah yang ada di Kabupaten HSS serta bisa memberikan pengalaman baru bagi Angkatan Muda Mesjid Agung Taqwa Kandangan dalam mengelola kegiatan yang akan bermanfaat bagi kehidupan nantinya.

Hadir pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten HSS Nordiansyah, jajaran Bank Kalsel Syariah Cabang Kandangan, Ketua Yayasan Mesjid Taqwa Kandangan H.Muhammad Aliansyah beserta pengurus, Angkatan Muda Mesjid Agung Taqwa Kandangan dan peserta Pesantren Ramadhan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016