Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Ketua Komisi III bidang Pembangunan dan Infrastruktur DPRD Kalimantan Selatan H Bardiansyah berharap angkutan lebaran Idul Fitri 1437 Hijriah di provinsinya berjalan aman dan lancar.


"Harapan itu kami sampaikan ketika rapat kerja (Raker) dengan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kalimantan Selatan (Kalsel) Senin (27/6) sore," ujarnya di Banjarmasin, sebelum berangkat ke luar daerah, Selasa.

"Dalam Raker bersama Dishubkominfo itu juga hadir sejumlah pejabat instansi tingkat provinsi terkait dengan angkutan lebaran 1437 H," tutur Ketua Komisi III DPRD Kalsel yang juga membidangi perhubungan, serta pertambangan dan energi tersebut.

Berdasarkan ekspose atau paparan dari masing-masing instansi terkait, ujar politisi senior Partai Golkar tersebut, tampaknya mereka sudah siap mengatur angkutan lebaran Idul Fitri 1437 H agar berjalan aman dan lancar.

"Mereka pun siap mengantisipasi manakala terjadi gangguan yang berdampak pada ketidaklancaran arus mudik atau balik pada suasana lebaran Idul Fitri 1437 H," lanjutnya menjawab Antara Kalsel.

Sebagai contoh, untuk angkutan udara Dishubkominfo Kalsel sudah berkoordinasi dengan PT Angkasa Pura (AP) I Banjarmasin selaku pengelola atau penanggungjawab Bandara Sjamsuddin Noor.

"Bila perlu pemerintah provinsi (Pemprov) Kalsel bersama manajemen AP I meminta penambahan penerbangan kepada maskapai penerbangan kalau terjadi lonjakan calon penumpang," lanjutnya.

Begitu pula untuk angkutan laut, pihak PT Pelindo III Banjarmasin dan Kesyahbandaran Banjarmasin bersama PT Pelni dan perusahaan pelayaran swasta juga sudah berkoordinasi untuk mengantisipasi lonjakan calon penumpang yang mau mudik berlebaran dengan keluarga.

"Dari ekspos atau paparan para pejabat terkait perhubungan itu (termasuk aparat kepolisian), insya Allah arus mudik dan balik pada lebaran Idul Fitri 1437 H berjalan aman dan lancar, baik pengguna jasa angkutan udara, laut dan darat," demikian Bardiansyah.

Pewarta: Syamsudin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016