Tuan Guru Haji (TGH) Zainuddin MZ mengingatkan bahwa ramalan bisa membuat seseorang Muslim menjadi syirik atau melupakan/meniadakan Kemahakuasaan Allah SWT.

"Oleh sebab itu, seorang Muslim jangan mempercayai seperti ramalan bintang,"; ujar Tuan Guru tersebut dalam tausiyahnya di Masjid Assa'adah Komplek Beruntung Jaya Banjarmasin, usai Shalat Subuh Sabtu 

Sebagai contoh mengaitkan hari atau tanggal kelahiran dengan ramalan bintang dan mempercayainya merupakan hal yang syirik.

Sementara syirik merupakan dosa yang tidak bisa terampuni Allah SWT, kecuali bertaubat dan tak mengulangi lagi.

"Karena semua kejadian itu sudah Allah atur dan tentukan dengan Kemahaesaan dan Kemahakuasaan Nya," lanjut TGH yang mengisi pengajian rutin tiap Subuh Sabtu di Masjid Assa'adah tersebut.

Menurut dia, semua kejadian itu pada dasarnya merupakan sebab menimbulkan akibat yang sudah Allah atur atau tentukan terhadap alam semesta beserta makhluk Nya.

Ia menyebutkan contoh lain, ketika seseorang sakit minum obat dan sembuh. "Apakah obat itu yang menyembuhkan? Bukan!. Yang menyembuhkan Allah, sedangkan obat bagian dari sebab yang berakibat bisa membuat orang sakit itu sembuh," tegasnya.
Jamaah Masjid Assa'adah Komplek Beruntung Jaya Banjarmasin saat mendengarkan tausiyah Tuan Guru Haji Zainuddin Rais, usai Shalat Subuh Sabtu (24/6/23) (ANTARA/Syamsuddin Hasan)

Contoh lain "manjarang banyu manggurak" (merebus air mendidih). Apakah api yang membuat banyu itu manggurak. Tidak, katanya seraya menambahkan semua karena Kehendak dan Kemahakuasaan Allah.

"Banyak lagi contoh yang bisa seorang Muslim menjadi syirik, manakala salah menyikapi. Karenanya kita harus berhati-hati dalam menyikapi sesuatu dan tidak perlu mempercayai ramalan," demikian Zainuddin Rais.

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023