Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU), R. Suria Fadliansyah memberikan apresiasi kepada Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Damkar) atas dalam upaya penanggulangan bencana di masyarakat.

Hal tersebut disampaikan R. Suria saat memimpin apel di halaman kantor Satpol PP Damkar HSU, Selasa (13/6/2023) pagi.

Menurutnya, , sebagai perangkat daerah yang menjadi garda terdepan menjalankan fungsi dan tugasnya untuk menjaga ketentraman, ketertiban umum serta perlindungan masyarakat.

"Guna memberikan pelayanan dan bantuan sebagai ujung tombak pemerintah daerah dengan mengemban tugas menegakkan Perda dan Perkada," ucap R. Suria.

Dia menambahkan, Satpol PP Damkar harus bisa berkaloborasi dengan SKPD lain dalam melaksanakan tugasnya terlebih dalam keadaan darurat atau kebencanaan.

Satpol PP dan Damkar sebagai SKPD yang mempunyai sumber daya manusia dan peralatan yang cukup, tentunya mempunyai peran strategis dalam menunjang program-program pemerintah daerah.

Selain itu, dia menambahkan pentingnya kegiatan apel di setiap SKPD sebagai ajang silaturahmi dan media untuk koordinasi.

"Oleh karena itu dalam kegiatan apel sepatutnya selalu di laksanakan secara berkelanjutan dan aktif di setiap SKPD," pungkasnya.

Retribusi izin Mmendirikan bangunan terealisasi hanya 2,32 persen, disebabkan perubahan IMB menjadi PBG, dan adanya syarat PBG yang sulit dipenuhi pemohon.

Sedangkan dari sektor PAD Lainnya yang sah, terealisasi hanya sekitar 77,97 persen,cdisebabkan menurunnya pendapatan bunga, pendapatan BLUD, dan pendapatan dana kapitasi JKN.



 

 

Pewarta: ragil

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023