Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan tujuh kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan berpotensi hujan lebat pada Rabu pagi mulai pukul 08.00 WITA.

Berdasarkan Situs https://signature.bmkg.go.id yang dipantau di Kotabaru, Rabu, menyebutkan tujuh wilayah yang diprediksi terdampak hujan lebat, yakni wilayah Barito Kuala, Kota Banjarmasin, Kabupaten Banjar, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, dan Tapin.

Baca juga: Dua kabupaten di Kalsel waspada terjadi hujan sedang-lebat

Barito Kuala meliputi wilayah Wanaraya, Barambai, Marabahan, Cerbon, Bakumpai, Tabukan, Kuripan, Tamban, Mekar Sari, Tabunganen, Alalak, Mandastana.

Kota Banjarmasin terdiri dari Banjarmasin Selatan, Banjarmasin Timur, Banjarmasin Tengah, Banjarmasin Barat, Banjarmasin Utara.

Wilayah Kabupaten Banjar meliputi Aluh-Aluh, Tatah Makmur, Sungai Tabuk, Kertak Hanyar.

Hulu Sungai Selatan di wilayah Daha Utara, kemudian Hulu Sungai Tengah meliputi Labuan Amas Utara, Pandawan, serta Hulu Sungai Utara terdiri dari Sungai Pandan, Amuntai Tengah, Babirik, Amuntai Utara, Haur Gading, Banjang, Amuntai Selatan, Sungai Tabukan, Danau Panggang.

Baca juga: BMKG memprakirakan seluruh kabupaten/ kota di Kalsel cerah berawan

Sedangkan, Kabupaten Tapin mencakup Candi Laras Utara, Candi Laras Selatan

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini berupa waspada potensi hujan sedang yang dapat di sertai kilat/petir dan angin kencang pada Rabu pagi/siang dan dini hari di hampir seluruh wilayah Kalimantan Selatan.

BMKG juga mengeluarkan prakiraan gelombang tinggi pada tanggal 14 hingga 19 2023 yang dapat mencapai ketinggian maksimum 2,5 meter di perairan selatan Kalimantan dan perairan Kotabaru.

Baca juga: BMKG: cuaca Kalsel cerah berawan sepanjang hari ini

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023